Yamaha NMax

Pemberian Jaminan Kredit bank bjb Dinilai Transparan

  Kamis, 22 Agustus 2019   Hengky Sulaksono
Pelayanan nasabah di bank bjb. (istimewa)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Performa ekspansi kredit yang disalurkan bank bjb terus menunjukan tren positif. Tercatat hingga Semester 1 2019 jumlah agregat kredit yang disalurkan badan usaha milik daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini mencapai Rp78,2 triliun alias meningkat 8,2% year-on-year (y-o-y).

Pertumbuhan penyaluran itu terjadi di berbagai lini pembiayaan, antara lain Kredit Konsumer, Kredit Mikro, Kredit Komersial dan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) di mana Kredit Konsumer masih menjadi captive market bank bjb.

Di sisi lain, kualitas penyaluran kredit juga dijaga agar tetap berada di level prima. Terbukti rasio kredit macet alias non performing loan (NPL) bank bjb selalu menunjukkan performa impresif. Teranyar, NPL bank bjb dapat bertahan di level 1,7% atau lebih baik dibanding rasio NPL industri perbankan sebesar 2,61%.

"Penyaluran kredit yang dilakukan bank bjb selalu disandarkan pada prinsip prudential banking. Pertumbuhan kredit selalu kami arahkan agar selalu berkualitas dan berkelanjutan," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, M. As'adi Budiman.

AYO BACA : Pengelolaan Risiko Dinilai Sangat Baik, bank bjb Raih TOP GRC 2019

Prinsip prudential banking bank bjb, imbuh Adi, dijalankan melalui berbagai strategi. Salah satunya adalah penerapan tata kelola perusahaan yang baik alias good corporate governance (GCG) yang sudah menjadi bagian dari budaya perusahaan.

Selain itu, analisis yang mendalam juga selalu dilakukan bank bjb kepada calon debitur kredit bank bjb. Hal tersebut merupakan bagian dari mitigasi risiko yang dilakukan bank berkode emiten BJBR ini di bursa saham.

Pengelolaan risiko usaha, termasuk kredit yang dilakukan bank bjb juga dinilai sangat baik. Salah satu bentuk konkretnya bank bjb didapuk mendapatkan penghargaan TOP GRC (Governance, Risk & Compliance) 2019 #4 Stars di mana bank bjb dinilai telah menerapkan manajemen risiko dan kepatuhan dengan predikat "sangat baik".

Penghargaan ini dinilai dari tiga aspek utama, yakni sistem, infrastruktur dan implementasi tata kelola perusahaan yang baik. Sistem, infrastruktur, dan implementasi tata kelola, manajemen risiko dan kepatuhan di berada di berada di tingkat yang sangat baik sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

AYO BACA : bank bjb Berikan Penghargaan Nasabah Setia 2019

Komplimen terhadap mitigasi risiko inu juga sebangun dengan kinerja usaha bank bjb. Hingga Semester 1 tahun 2019, bank bjb berhasil mencatatkan perolehan laba bersih setelah pajak sebesar Rp803 miliar dan pertumbuhan total aset yang mencapai 6,4% yoy menjadi sebesar Rp120,7 triliun.

Raihan beraga hasil positif yang disabet perseroan ini, sebut As'adi, juga didorong faktor transparansi perusahaan atas setiap langkah bisnisnya. Transparansi tersebut, imbuhnya, telah menjadi bagian dari prinsip tata kelola yang selama ini dijalankan.

"bank bjb sebagai bank pembangunan daerah (BPD) pertama yang melantai di bursa saham, selalu menerapkan prinsip keterbukaan dalam seluruh langkah usahanya tanpa kecuali. Transparansi kebijakan maupun langkah bisnis perusahaan, terutama yang telah berstatus go public, adalah suatu hal yang penting untuk menjaga kredibilitas perusahaan di mata khalayak," kata dia.

Lantaran berbagai hal tersebut, citra bank bjb selalu terjaga baik dalam kacamata publik, terutama nasabah yang telah mengetahui seluk beluk dan mencicipi beragam produk dan layanan jasa perbankan bank bjb sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dalam survei kepuasan pelanggan yang dilakukan perbankan, tercatat tingkat kepuasan nasabah BPD mencapai indeks 78.31. Angka kepuasan nasabah yang ditorehkan bank bjb selalu berada di atas BPD-BPD nasional lainnya.

Berkat kepuasan yang diberikan itu, bank bjb juga berhasil meraih tiga penghargaan pada ajang Satisfaction, Loyalty and Engagement (SLE) Award 2019. Tiga penghargaan tersebut adalah peringkat 1 kategori Satisfaction Index 2019 Satpam BPD, peringkat 1 kategori Satisfaction Index 2019 Customer Service BPD, dan peringkat 1 kategori Satisfaction Index 2019 Teller BPD. Ketiga anugerah ini diberikan oleh Majalah Infobank bersama Marketing Research Indonesia (MRI).

AYO BACA : bank bjb Salurkan Kredit Permodalan Kepada PT RNI

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar