Yamaha Mio S

bjb E-Samsat Berikan Kemudahan Pengesahan Pajak Kendaraan

  Kamis, 22 Agustus 2019   Hengky Sulaksono
Pelayanan nasabah di bank bjb. (istimewa)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--bank bjb sebagai bank pembangunan daerah kebanggaan Jawa Barat berkomitmen untuk menggerakan ekonomi daerah. Salah satu komitmen tersebut diwujudkan bank bjb dengan mendukung program pemerintah dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak salah satunya bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor.

Sebagai mitra kerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat, bank bjb terus berupaya melakukan peningkatan layanan, dan meluncurkan berbagai inovasi lewat program pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor yang disebut bjb E-Samsat.

AYO BACA : Pengelolaan Risiko Dinilai Sangat Baik, bank bjb Raih TOP GRC 2019

Saat ini terdapat hampir 43 titik Samsat Outlet bank bjb yang tersebar di Wilayah Jawa Barat untuk memberikan kemudahan dan lebih mendekatkan terhadap masayarakat Jawa Barat yang akan melakukan kewajibannya dalam melakukan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Selain mempermudah proses pembayaran pajak, bjb E-Samsat juga mempermudah wajib pajak untuk melakukan pengesahan/pencetakan STNK di seluruh jaringan Kantor bank bjb (melalui Customer Service). Kendaraan yang dilayani adalah kendaraan pribadi (bukan umum) baik roda 4 maupun roda 2 atau di seluruh Unit Lantas Polsek di Jajaran Polda Jawa Barat yang saat ini tersedia di 44 Polsek di Jawa Barat.

AYO BACA : bank bjb Berikan Penghargaan Nasabah Setia 2019

Seperti diketahui bersama, saat ini Wajib Pajak bisa dengan lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan karena Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahunan Provinsi Jawa Barat Wilayah Hukum Polda Jawa Barat kini bisa melalui jaringan Kantor (teller) dan Jaringan elektronik (ATM, SMS, dan bjb Digi) serta Channel layanan yang telah bekerjasama dengan bank bjb di seluruh Indonesia antara lain: Gerai Modern Channel (Indomaret & Alfamart), ecommerce (Tokopedia dan Bukalapak) Fintech (KASPRO) dan Channel Payment Point Online Bank (PPOB).

Untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan bermotor tahunan, Wajib Pajak tak perlu datang ke Kantor Samsat. Cukup mengakses aplikasi SAMBARA yang dapat diunduh melalui play store. Setelah mengunduh aplikasi SAMBARA, Wajib Pajak melakukan registrasi dengan melakukan input No Pol, NIK dan 5 Digit nomor rangka terakhir yang terdapat pada STNK kendaraan. Wajib Pajak akan mendapatkan Kode Bayar dan selanjutnya Wajib Pajak dapat melakukan transaksi pembayaran di seluruh jaringan Kantor (Teller) dan Jaringan elektronik (ATM, SMS, dan bjb Digi) serta Channel layanan yang telah bekerjasama dengan bank bjb di seluruh Indonesia.

Jawa Barat sebelumnya telah meluncurkan beberapa upaya untuk memepermudah masyarakat Jabar membayar Pajak Kendaraan Bermotor, seperti Layanan E-Samsat Jabar telah di-launching pada 22 November 2014. Ada juga Tabungan Samsat dengan tag line “Melawan Lupa” yang dilaunching tahun 2016 merupakan program unggulan dari Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat bersama bank bjb. Aplikasi yang juga tidak kalah mudah yaitu SAMBARA dimana dalam aplikasi tersebut wajib pajak dapat memperoleh info Pajak serta dapat dengan mudah melakukan pembayaran secara langsung melalui SAMBARA, karena aplikasi SAMBARA langsung terintegrasi dengan bjb SMS dan bjb NET.

AYO BACA : bank bjb Salurkan Kredit Permodalan Kepada PT RNI

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar