Yamaha Mio S

5 Aplikasi Jastip buat Si Hobi Belanja, Bisa Sampai Luar Negeri

  Kamis, 22 Agustus 2019   Nur Khansa Ranawati
Tampilan web aplikasi AirFrov.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Fenomena belanja daring melalui jasa titip beli alias jastip belakangan marak digemari. Kemunculan berbagai akun penyedia jastip dan personal shopper mulai banyak ditemui di media sosial, terutama Instagram.

Namun, tidak semua orang memiliki kejelian dalam menentukan jastip mana yang kredibel dan dapat dipercaya. Banyaknya pilihan akun jastip di Instagram akhirnya membuat orang ragu memilih.

Bila Anda adalah salah satu orang yang mengalami hal tersebut, jastip berbasis aplikasi dapat menjadi alternatif pilihan untuk berbelanja. Deretan aplikasi ini secara umum dapat membantu kepraktisan berbelanja lewat sistem kurasi jastipnya masing-masing.

1. HelloBly

Aplikasi ini bertujuan untuk mempertemukan para penitip dan para penyedia jasa titip di seluruh dunia. Para penitip dapat meminta untuk dititipkan berbagai barang mulai dari makanan, pakaian, aksesoris, kosmetik, dan sebagainya.

Caranya cukup sederhana. Para penitip dapat memasang daftar barang impian, tempat membeli, dan kisaran harganya. Bila telah selesai, pesanan yang dipasang di aplikasi tersebut dapat diambil oleh pihak penyedia jastip yang berminat. Keduanya lalu akan menegosiasikan besaran imbalan jasa titip yang diinginkan.

AYO BACA : Jalan Dalem Kaum Tempat Wisatawan Berbelanja

HelloBly terbilang cukup aman karena uang yang dikirimkan penitip akan dikembalikan 100% apabila barang tidak diterima dalam kurun waktu yang ditentukan.

2. AirFrov

Salah satu hal yang memudahkan pembeli dalam memilih barang jastip via aplikasi adalah mereka dapat mencari penerima jasa titip sesuai kategori yang diinginkan, alih-alih lama berselancar di Instagram hanya untuk mencari satu akun yang menjual barang tertentu.

Lewat AirFrov, penitip dapat melihat barang yang diinginkan di kolom "Trending Request" atau "Rekomendasi dari Traveller". Namun, bila barang yang dimau belum terdaftar di kolom-kolom tersebut, maka penitip dapat mengunggah pesanan baru di langkah selanjutnya.

Untuk mengunggah barang baru, sertakan foto barang, info pembelian beserta harga dan besaran tip minimal 20% dari harga barang. Nantinya, bila ada traveler (penyedia jastip) yang tertarik, notifikasi penawaran harga akan muncul.  Bila telah dinegosiasikan dan sepakat, penitip dapat melakukan deposit rupiah ke akun AirFrov. Nantinya uang ini akan dialirkan ke penyedia jastip.

3. BisTip

AYO BACA : Menimbang Untung Rugi Usaha Jastip

Tak jauh berbeda dengan AirFrov, Bistip juga mengendepankan sistem yang mirip. Aplikasi  ini mempertemukan keinginan dan kesanggupan dari dua belah pihak dalam mencari barang hingga ke mancanegara. Bila keinginan penitip dan jadwal bepergian pihak yang dititipi sesuai, maka negosiasi dapat dilakukan di antara mereka.

Bila sudah sepakat, penitip akan menrtransfer uang pembayaran ke Bistip Safety. Penerima jasa pun dapat mulai mencarikan atau membli barang yang disepakati.

4. Gibby

Aplikasi yang mulai beroperasi pada 2016 ini dapat memungkinkan Anda menjelajah orang-orang yang tengah berbelanja secara langsung di toko-toko tertentu, dan kemudian menjalin komunikasi dengan orang-orang tersebut untuk langsung bertransaksi. Fitur tersebut dinamai "Live Shop".

Sementara itu, untuk Anda yang ingin memberi jasa titip, cukup unggah foto barang-barang dari tempat yang sedang Anda kunjungi dan tunggulah pesan pelanggan yang meminta pembelian barang tertentu.

5. Prelo

Sebelum membuka fitur jastip, aplikasi Prelo sudah lama muncul sebagai aplikasi untuk menjual barang-barang bekas maupun baru kepada khalayak melalui proses negosiasi. Belakangan, Prelo juga menambahkan fitur ini, berkaca dari maraknya penggemar jastip di media sosial.

Di sini, Anda yang tengah berjalan-jalan ke negara tertentu maupun daerah tertentu di Indonesia dapat mengumumkannya di Prelo. Termasuk toko-toko yang akan dikunjungi, dan waktu kepulangan Anda ke rumah. Anda dapat menentukan barang apa saja yang bersedia Anda belikan bagi pelanggan. Nantinya, barang akan dikirim pada pelanggan setelah Anda sampai di rumah.

Tertarik mencoba?

AYO BACA : Lika-liku Bisnis Jasa Titip

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar