Yamaha

Polisi Cianjur yang Terbakar Jalani Operasi Plastik Selama 3 Jam

  Kamis, 22 Agustus 2019   Faqih Rohman Syafei
Dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin, dr Hardisiswo Soedjana (kanan). (Faqih Rohman/Ayobandung.com)

PASTEUR, AYOBANDUNG.COM—Bripda Yudi Muslim, polisi Polres Cianjur yang terbakar saat pengamanan aksi demonstrasi mahasiswa, menjalani operasi bedah plastik di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung, Kamis (22/8/2019). Operasi memakan waktu tiga jam.

Dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin, dr Hardisiswo Soedjana, mengatakan, pada operasi ini dilakukan pencangkokan dengan memakai kulit bagian paha kanan pada luka bakar. Selain itu sejumlah jaringan sel kulit mati dibuang. 

"Luka di tangan kanan itu dalam sekali. Jadi, hampir semuanya dilakukan apa yang disebut dengan dibuka dan dibuang semua jaringan matinya. Ditambalnya hampir mungkin 80% bisa ditambalkan," ujarnya kepada awak media, Kamis (22/8/2019).

AYO BACA : Cerita Ridwan, Siswa Penolong Polisi yang Terbakar

Dia menyebutkan, melalui pencangkokan kulit ini, diharapkan luka yang diderita bisa segera pulih. Kemudian, bagian luka bakar akan di perban elastic band, dan sebagian lainnya akan dipasang gip.

"Untuk bagian lengan kanan cukup dalam dan lehernya cukup bagus ya penyembuhannya sudah mulai tumbuh epitel (kulit baru) sehingga tidak diperlukan tindakan pembedahan hanya dibersihkan saja dan dilakukan pemberian topikal antibiotik," katanya. 

Operasi ini, sambung Hardisiswo, berjalan sukses dan berlangsung selama tiga jam, mulai pukul 12.30-15.30 WIB. Menurutnya, luka bakar yang diderita pasien cukup dalam, dari lapisan kulit yang paling luar hingga terdalam mati kulitnya. 

AYO BACA : Kasus Polisi Terbakar, 5 Mahasiswa Ditetapkan Jadi Tersangka

"Untuk pemulihan diperlukan waktu sekitar 4-5 hari pascaoperasi kita buka kita lihat hasilnya. Setelah itu ya tinggal menunggu empat hari kalau empat hari 100% sembuh ya paling seminggu boleh pulang," jelasnya.

Hardisiswo menambahkan untuk pasien Bripda F. A Simbolon akan menjalani operasi plastik pada besok hari. Pasalnya luka yang di derita di bagian leher dan tangan serta tidak separah pada pasien Bripda Yudi Muslim.

"Mungkin pasien satunya lagi operasi sekitar pukul 10.00 atau 11.00 WIB, lukanya pun cukup dangkal," pungkasnya. 

Diketahui, Bripda Yudi Muslim dan Bripda F. A Simbolon dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin pada Jumat (16/8/2019) untuk menjalani perawatan intensif akibat luka bakar yang dideritanya. Bripda Yudi Muslim mengalami luka bakar sekitar 13,5%, sedangkan Bripda F. A Simbolon sekitar 6,5%.

AYO BACA : Universitas Beri Sanksi Tegas pada Mahasiswa yang Celakai Polisi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar