Yamaha Mio S

Atalia Kamil Bawa Sekoper Cinta ke Bandung Barat

  Selasa, 20 Agustus 2019   Tri Junari
Ketua Tim Penggerak PKK Jabar Atalia Kamil. (Tri Junari/Ayobandung.com)

BATUJAJAR, AYOBANDUNG.COM--Istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil yang juga menjabat Ketua Tim Penggerak PKK Jabar mendatangi Desa Galanggang Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Selasa (20/8/2019).

Kedatangan istri orang nomor satu di Jabar ini untuk memperkenalkan program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) yang digagas dirinya untuk meningkatkan peran wanita dalam pembangunan.

Di temani Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, Atalia menyampaikan bahwa program Sekoper Cinta merupakan wadah perempuan Jabar untuk meningkatkan kualitas hidup. 

AYO BACA : Tekan Angka Perceraian dan KDRT, Gubernur Emil Luncurkan Sekoper Cinta

Sekoper Cinta juga sebagai wahana pemberdayaan perempuan untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dan terwujud kesetaraan peran wanita, akses, partisipasi dan kontrol dalam pembangunan.

"Melalui program Sekoper Cinta ini, kami berharap isu-isu permasalahan di Jawa Barat dapat teratasi, terutama masalah prevalensi stunting, pernikahan anak, angka kematian ibu dan bayi, perceraian, kekerasan, dan human trafficking," ucap Atalia usai acara yang dihadiri ratusan warga Galanggang.

Atalia menyebut angka perceraian di Jabar hingga saat ini masih cukup tinggi, tercatat lebih dari 33.000 kasus perceraian disebabkan faktor ekonomi dan perkawinan anak.

AYO BACA : Atalia Kamil Kenalkan Sekoper Cinta pada Sekolah Perempuan se-Indonesia

"Paling banyak terjadi di Kabupaten Indramayu, Garut, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Subang, dan Karawang. Selain itu, kasus tindak pidana perdagangan orang/TPPO (human traficking) di Jabar juga terbilang tinggi,"katanya.

Atas dasar tersebut, Sekoper Cinta diharapkan mampu meningkatkan partisipasi wanita menekan kasus yang berawal dari rumah tangga tersebut. Caranya dengan terus memperkaya wawasan dan mandiri secara ekonomi.

"Perempuan di Jabar harus mampu menghasilkan karya dan mandiri secara ekonomi, Sekoper Cinta juga memberi wawasan perempuan bagaimana mengelola keuangan dan menanamkan nilai positif dalam keluarga," katanya.

Pada kegiatan itu, warga Galanggang yang hadir mayoritas ibu rumah tangga mendapat modul yang berisi materi terkait cara mengatur keuangan rumah tangga dan tips beriwarusaha.

Di tempat sama, Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan menilai, angka perceraian di KBB sendiri hingga saat ini memang cukup tinggi dan berharap program Sekoper Cinta ini meningkatkan peran wanita dalam pembangunan di KBB.

"Waktu itu cukup tinggi, dalam waktu kurang dari satu bulan saja angkanya mencapai 295 kasus perceraian. Makanya saya berfikir untuk bergabung dengan program Sekoper Cinta," katanya.

AYO BACA : Kota Bandung Luncurkan Sekoper Cinta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar