Yamaha NMax

Ridwan Kamil Ajak Warga Papua di Jabar Kompak dan Bersatu

  Senin, 19 Agustus 2019   Dadi Haryadi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menari Sajojo bersama warga Papua di Jabar dalam agenda Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Pengibaran Sang Merah Putih Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Sabtu (17/8/19). (Dok Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil mengajak seluruh warga Papua yang tinggal di Provinsi Jabar untuk senantiasa menjaga kekompokan dan kesatuan di tengah keberagamaan yang ada.

Saya ingin tegaskan di sini bahwa Jawa Barat bagian dari Indonesia, termasuk Papua. Kita harus saling menjaga kekompakan dan kesatuan. Dan hal yang lain-lain bisa dibicarakan dan didiskusikan, ujar Gubernur Emil di Gedung Sate, seperti dikutip dari Antara, Senin (19/8/2019).

AYO BACA : Kapolda Siap Lindungi Warga Papua di Jabar

Ditemui seusai menghadiri apel besar Upacara Peringatan HUT Ke-74 Provinsi Jawa Barat, di Bandung, Gubernur Emil mengatakan, dinamika yang melibatkan warga Papua di berbagai daerah tak akan terjadi di provinsi yang dia pimpin.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini optimistis warganya, termasuk warga Papua di Jawa barat bisa menyikapi sebuah persoalan ini dengan dewasa dan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan.

AYO BACA : Kerusuhan di Papua, Presiden Jokowi: Emosi Boleh, Memaafkan Lebih Baik

Kalau warga Jabar mah, sejauh ini, alhamdulillah selalu mengedepankan dialog. Segala sesuatunya bisa didiskusikan, kata dia.

Gubernur menyatakan pihaknya sangat terbuka dan melindungi keberadaan warga Papua di Jabar dan ini menunjukkan sikap sebagai tuan rumah yang baik.

Waktu dulu, pas saya jadi Wali Kota Bandung, saya mengajak warga Papua piknik satu bus ke Pangandaran, menginap main bola. Itu menandakan kita ingin maju sama-sama, kata dia.

Dia mengatakan, warga Papua juga merupakan bagian dari NKRI yang harus diperlakukan sama dengan masyarakat lainnya.

Ini adalah bagian dari upaya menjadi persatuan dan kesatuan. Jabar Indonesia, Papua juga. Kita harus jaga kesatuan ini, kata dia.

AYO BACA : Kominfo Perlambat Internet Demi Redam Hoaks di Papua

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar