Yamaha NMax

Kapolda Jabar: Siswa SMK Tolong Polisi Cianjur karena Rasa Kemanusiaan Tinggi

  Senin, 19 Agustus 2019   Faqih Rohman Syafei
M Ridwan Suryana (18), siswa SMK Pasundan Cianjur, diberikan penghargaan oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Senin (19/8/2019). (Faqih Rohman Syafei/ayobandung.com)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- M Ridwan Suryana (18), siswa SMK Pasundan Cianjur, diberikan penghargaan oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Penghargaan itu merupakan apresiasi atas aksi spontannya memberikan air minum kepada Aiptu Erwin Yudha, polisi yang terbakar pada aksi demonstrasi mahasiswa di Cianjur, Senin (19/8/2019).

Aksi Ridwan tersebut dilakukan pada Kamis (15/8/2019) ketika terjadi aksi mahasiswa di Kabupaten Cianjur yang berujung pada terbakarnya empat anggota polisi Polres Cianjur saat tengah melakukan pengamanan. Aiptu Erwin diketahui mengalami luka bakar yang cukup serius.

Rudy mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh Ridwan kepada Aiptu Erwin. Menurutnya, aksi tersebut sangat luar biasa dan patut mendapatkan penghargaan karena telah menolong orang yang mengalami kesulitan.

AYO BACA : Polda Jabar Terus Dalami Kasus Terbakarnya Empat Anggota Polres Cianjur

"Bayangin anak segitu masih membimbing orang yang dapat kesusahan,. Untuk itu kami beri penghargaan. Ya kami beri penghargaan untuk apresiasi kepada dia," ujarnya kepada awak media di Mapolda Jabar, Senin (18/9/2019).

Dia mengatakan, di usianya yang masih remaja, Ridwan telah menunjukan rasa kemanusiaan yang tinggi dan sikap saling tolong menolong kepada sesama. Bahkan, ketika ditanyakan alasan membantu Aiptu Erwin, Ridwan menjawab karena didasari rasa kemanusiaan.

"Saya tanya motivasinya apa, dia menjawab itu kan manusia, orang terluka jadi korban harus di tolong. Jadi anak seumur gitu sanggup menanggung resiko dengan mengulurkan tangannya membantu," katanya.

AYO BACA : Polisi yang Terbakar 70 Persen Masih Dirawat Intensif

Rudy mengaku pihaknya akan membimbing Ridwan, karena cita-citanya ingin menjadi seorang polisi. Sedangkan untuk keempat anggota Polres Cianjur telah diberikan kenaikan pangkat. 

"Dia ingin menjadi polisi, saya bilang mari kita bimbing menjadi polisi yang baik. Untuk korban terbakar kan sudah naik pangkat semuanya sesuai keputusan Kapolri," sebutnya.

Sementara itu, Ridwan mengaku senang diberikan penghargaan dan bingkisan oleh Kapolda Jabar. Alasan dia membantu, karena atas dasar kemanusiaan dan melihat Aiptu Erwin teriak kesakitan karena luka bakar. 

"Atas dasar kemanusian dan ada orang kesakitan butuh bantuan pertolongan, saya bantu. Takutnya korban umurnya gak panjang," ungkap dia. 

AYO BACA : Siswa SMK ini Selamatkan Polisi Terbakar di Cianjur

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar