Yamaha Mio S

Kota Bandung Didorong Punya BPBD

  Minggu, 18 Agustus 2019   Faqih Rohman Syafei
Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Jabar, Soma Suparsa. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandung dinilai sangat mendesak. Pasalnya Kota Bandung tergolong wilayah rawan bencana.

Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Jabar, Soma Suparsa mengatakan pihaknya sudah sejak lama mendorong agar Kota Bandung memiliki BPBD. Bahkan usulan tersebut sudah disampaikan langsung kepada Wali Kota Bandung ketika masa kepemimpinan Ridwan Kamil. 

AYO BACA : Dari Dulu Ternyata Bandung Tak Miliki BPBD

Waktu gubernur sekarang jadi wali kota, saya berteriak di Bappeda Kota Bandung kapan bikin BPBD. Pertemuan dengan Ridwan Kamil bahwa ada Permendagri 46 ada SOTK disitu, ujarnya kepada ayobandung.com, Sabtu (17/8/2019).

Disamping itu, kata dia Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengeluarkan Undang-undang no. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan bencana. Undang-Undang tersebut menyatakan bahwa pemerintah daerah harus membentuk BPBD.

AYO BACA : Daerah Belum Punya BPBD, Demiz: Mudah-mudahan Tidak Diberi Pelajaran oleh Bencana

Dibuktikan Pangandaran asalnya BPBD karena ada Permendagri 46 berubah jadi Damkar PB, tapi sekarang kembalk ke BPBD lagi, katanya.

Menurut Soma, sampai saat ini Pemerintah Kota Bandung tengah mengkaji terkait pembentukan BPBD. Keberadaan BPBD sangat penting, telah dibuktikan juga Kota Bandung beberapa kali mengalami bencana bahkan ditambah dengan adanya Sesar Lembang dan erupsi Tangkuban Parahu.

Kami terus mendorong ada BPBD dan forum. Kota Bandung itu masalahnya banyak sudah dibuktikan dengan banjir Pagarsih, banjir Pasteur dan kebakaran apalagi dikaitkan dengan adanya Sesar Lembang dan Tangkuban, ucapnya.

Dia menambahkan upaya lain pun dilakukan juga BPBD Provinsi Jawa Barat yang terus mendorong Pemerintah Kota Bandung untuk segera membentuk BPBD.

Pembentukan BPBD Kota Bandung urgent sekali. BPBD provinsi sudah terus mendorong menupayakan itu supaya setiap kabupaten/kota ada, pungkasnya.

AYO BACA : LIPKHAS GEMPA : Mitigasi Bencana Kota Bandung \'Kepentok\' Uang dan Tata Ruang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar