Yamaha Mio S

PON 2020, Jabar Targetkan 165 Medali Emas

  Rabu, 14 Agustus 2019   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memimpin Apel Besar Kontingen Jabar PON XX/ Papua di halaman Gedung Sate Bandung, Rabu (14/8/2019). (Nur Khansa/ayobandung)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menargetkan kontingen Jabar untuk meraih 165 medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua tahun depan. Dengan jumlah target medali tersebut, Emil, berharap Jabar dapat kembali menjadi juara umum.

"Kita ingin juara umum karena tiga tahun lalu juga juara umum, dan dihitung secara matematis juga melihat kapasitas, insya Allah target 165 medali emas," ungkapnya ketika ditemui selepas Apel Besar Kontingen Jabar PON XX/ Papua di halaman Gedung Sate Bandung, Rabu (14/8/2019).

Guna meraih hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan fasilitas latihan intensif, termasuk dengan menganggarkan dana pembinaan untuk empat bulan ke depan.

"Masih ada satu tahun lagi, dengan pelatihan prima, intensif dan mandiri tanpa harus keluar jauh bisa memaksimalkan potensi. Tentulah pemerintah provinsi akan memaksimalkan apresiasi, dana pembinaan juga sudah cair yang akan dimanfatkan oleh KONI untuk pembinaan," ungkapnya.

"Anggarannya sekitar Rp40 Miliar," tambahnya.

Anggaran tersebut berasal dari APBD perubahan yang telah didiskusikan dengan DPRD. Emil juga berharap para kontingen Jabar nantinya dapat menunjukan keramah-tamahan khas Jabar di Papua selain fokus mengejar prestasi.

"Iya anggarannya untuk 4 bulan ke depan, kesepakatan dengan dewan untuk prestasi. Itu dari pemerintah, kita tinggal doakan atlet Jabar ini berprestasi. Saya titip juga warga Jabar harus memperlihatkan kesantuan dan kesomeahannya, jangan lupa berdoa, tidak sombong, jangan tinggi diri dan terus tawakal," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin juga optimistis timnya dapat meraih target 165 emas tersebut dari total 768 emas yang diperebutkan oleh setiap kontingen.

"165 medali emas itu adalah hitungan kita yang masih kita ukur. Dari total 768 kita tuh masih memiliki 165 medali emas, ini yang harus kita pertahankan," ungkapnya.

Dia mengatakan, Jabar akan mengikuti seluruh cabor yang dikompetisikan. Dirinya memastikan kontingen yang dikirim adalah tim terbaik yang telah dilatih untuk meraih emas.

"Jabar ikut semua, 63 cabor. Namun kita akan melihat nanti, yang akan kita bawa ke Papua adalah atlet yang betul-betul diukur untuk mendapatkan medali," ungkapnya.  

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar