Yamaha Aerox

Usia Belum Genap 15 Tahun, Aga Sudah Masuk Universitas

  Rabu, 14 Agustus 2019   Mildan Abdalloh
Muhammad Aga Ananda Said, mahasiswa termuda yang diterima Telkom University (Tel-U) di tahun ajaran 2019-2020. (Mildan Abdalloh/ayobandung.com)

DAYEUHKOLOT, AYOBANDUNG.COM -- Muhammad Aga Ananda Said menjadi mahasiswa termuda yang diterima Telkom University (Tel-U) di tahun ajaran 2019-2020. Usianya saat ini masih belum genap 15 tahun dan sebagian besar anak sebayanya masih duduk di kelas X atau kelas XI SMA.

Saat ditemui ayobandung.com di Gedung Rektorat Tel-U, Aga mengaku telah mengikuti program akselerasi. "Ikut program akselerasi, saat SD ngambil 5 tahun dan SMP 2 tahun. Kalau SMK kan tidak ada program akselerasi, jadi normal 3 tahun," ujar Aga, Rabu (14/8/2019).

Mahasiswa kelahiran Bogor 6 Oktober 2004 tersebut mengatakan, program akselerasi diikutinya ketika kelas III SD di SD Muhammadiyah Banjarmasin. "Awalnya sekolah di SD Al Azhar Cibinong Bogor. Di sana sekolah sampai kelas II dan orang tua pindah ke Banjarbaru (Kalimantan Selatan). Saat kelas III baru ikut program akselerasi," kata dia.

AYO BACA : Telkom University Terima Mahasiswa Berusia 14 Tahun

Program akselerasi yang diikutinya berjalan lancar sehingga Aga menjalani masa SD hanya dalam 5 tahun. Setelah lulus SD, anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Samahudin Muharam dan Ida Laila tersebut diterima di SMPN 6 Banjarmasin.

Ia menuturkan, saat masuk SMP, dia sebenarnya ingin bersekolah secara normal. Namun, orang tuanya menyarankan untuk kembali mengambil program akselerasi.

"Kata Ayah, kenapa tidak dicoba akselarasi juga, akhirnya saya ikut akselsrasi lagi," ungkapnya.

AYO BACA : Telkom University Bina 3 Perguruan Tinggi

Di SMPN 6 Banjarmasin, Aga berhasil lulus hanya dalam waktu 2 tahun. Dia kemudian melanjutkan sekolah di SMK Telkom Banjarbaru.

Karena Aga mempelajari tentang teknologi informatika dan mulai mengenal pentingnya teknologi bagi manusia, setelah lulus dia akhirnya memilih Tel-U sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Setelah mengikuti serangkaian tes, Aga berhasil lulus di Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Fakultas Informatika.

"Dengan perkembangan zaman, mau tidak mau harus mengikuti teknologi supaya tidak tertinggal. Ayah menyarankan agar ikut tes ke sini (Tel-U) karena banyak jurusan teknologi," katanya.

Ia memilih Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak karena ingin membuat aplikasi yang bisa berguna bagi masyarakat. Di Tel-U, Aga menargetkan lulus dalam waktu tujuh semester.

AYO BACA : Sektor 6 Citarum Harum Diteliti Telkom University dan Hanbat National University Korsel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar