Yamaha Aerox

Ridwan Kamil Sebut Wacana PNS Kerja dari Rumah Perlu Dikaji Lagi

  Selasa, 13 Agustus 2019   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) beberapa waktu lalu melempar wacana bahwa pegawai negeri sipil (PNS) dapat bekerja dari rumah agar lebih fleksibel. Hal tersebut didasari pada usulan yang menyatakan perlunya pemerintah menyesuaikan diri dengan sistem birokrasi 4.0 yang banyak memanfaatkan sistem digital.

AYO BACA : Pemkot Bandung Tak Siap Bila Aparaturnya Kerja dari Rumah

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan wacana itu masih perlu dikaji dan dia masih akan melakukan pemantauan. Menurut dia, hal terpenting dari kinerja PNS adalah produktivitas. 

AYO BACA : Pemkab Bandung Barat Ajukan 350 Formasi CPNS

"Ujung dari sebuah pekerjaan adalah produktivitas. Jadi cara bisa menyesuaikan selama target dan produktivitas bisa dipertanggungjawabkan. Jadi saya pada dasarnya akan memantau dulu wacana PNS kerja di rumah ini," ungkapnya di Bandung belum lama ini. 

Emil--sapaan akrabnya--mengatakan, hal tersebut bisa terealisasi apabila teknologi penunjang sudah memadai. Itupun dinilai hanya dapat diterapkan pada PNS yang bekerja di bidang tertentu.

"Kalau ternyata secara teknologi memungkinkan, mungkin untuk bidang-bidang yang tidak perlu berhubungan langsung dengan masyarakat itu bisa. Misalnya aduan online, itu bisa dikerjakan di mana saja tanpa harus bertemu orang. Segala sesuatu yang pertemuan fisiknya bisa dikonversi oleh teknologi saya kira masih memungkinkan," jelasnya.

Meski demikian, ada pula pekerjaan PNS lainnya yang mengharuskan interaksi tatap muka. "Tapi kan tidak semuanya bisa begitu, ada hal-hal yang harus bertemu muka dalam melakukan kegiatan. Perlu dikaji lagi, namanya juga eksperimen tentunya ada plus minus," ungkapnya. 

AYO BACA : Panselnas CPNS 2018 Bikin Gaduh Bandung Barat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar