Yamaha Mio S

Saudara Perempuan Pengaruhi Kesehatan Mental?

  Senin, 12 Agustus 2019   Republika.co.id
Ilustrasi—saudara perempuan mempengaruhi kesehatan mental. (Luis Wilker Perelo WilkerNet/Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Para peneliti dari Universitas Brigham Young menemukan bahwa memiliki saudara perempuan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan harga diri. Orang-orang yang memiliki saudara perempuan dapat terbantu untuk terhindar dari merasa kesepian, tidak dicintai, bersalah, sadar diri, dan rasa takut.

Hal positif lainnya, saudara perempuan dapat membuat saudaranya menjadi orang yang lebih berempati. Asisten profesor Alex Jensen dari Universitas Brigham Young, yang telah menulis beberapa studi tentang hubungan saudara, mengatakan, para saudara perempuan berperan dalam memajukan kesehatan mental yang positif.

AYO BACA : Perempuan, Ukurlah Bra Setiap 6 Bulan, Ini Alasannya

"Saudara perempuan juga sering melakukan banyak hal untuk menjaga keluarga tetap terhubung satu sama lain setelah orang tua mereka tidak ada," jelasnya.

AYO BACA : Tradisi Potong Jari untuk Ungkapan Berduka

Dalam hubungan persaudaraan, boleh jadi pertengkaran tidak bisa dihindarkan. Akan tetapi, hal ini tidak perlu menjadi kekhawatiran karena akan baik untuk hubungan persaudaraan.

"Saudara perempuan membantu Anda mengembangkan keterampilan sosial seperti komunikasi, kompromi, dan negosiasi. Bahkan konflik saudara kandung, jika kecil, dapat menciptakan hubungan yang sehat," tuturnya.

Penelitian juga menemukan laki-laki yang tumbuh dengan saudara perempuan lebih baik dalam berkomunikasi dengan perempuan daripada mereka yang hanya memiliki saudara laki-laki. Begitu juga sebaliknya, perempuan bisa berkomunikasi lebih baik dengan laki-laki jika memiliki saudara laki-laki.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki saudara kandung yang berbeda jenis kelamin dapat memberikan manfaat nyata dalam masa remaja. Banyak dari pasangan saudara kandung menjadi lebih dekat selama masa remaja karena mereka menjadi sumber informasi yang baik tentang lawan jenis.

AYO BACA : Angelina Jolie hingga Mahershala Ali Gabung ke Dunia Marvel

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar