Yamaha

RPH Ciroyom Sembelih 196 Ekor Sapi Saat Iduladha

  Senin, 12 Agustus 2019   Fira Nursyabani
Pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom di Jalan Arjuna, Bandung, Minggu (11/8/2019). (Dok. Humas Setda Kota Bandung)

ANDIR, AYOBANDUNG.COM -- Pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom di Hari Raya Iduladha tahun iniĀ  mengalami peningkatan. Pada 2018, jumlah hewan kurban yang dipotong di RPH Ciroyom sebanyak 170 ekor sapi. Sedangkan tahun ini, RPH Ciroyom menyembelih 196 ekor sapi.

"Pada prinsipnya, kami memotong hewan kurban sapi. Peningkatan berkisar di angka 5 persen dari tahun sebelumnya," ujar Kepala UPT RPH Ciroyom, Endang Priatna di RPH Ciroyom, Jalan Arjuna, Bandung, Minggu (11/8/2019).

AYO BACA : Pemkab Gunakan 2.000 Wadah Ramah Lingkungan Bungkus Daging Kurban

Pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom masih terus berlangsung hingga Rabu (14/8/2019) mendatang. Setelah dipotong, hewan kurban tersebut kemudian diserahkan kepada pihak pemohon untuk pemisahan bagian tubuh.

"Untuk pemohon itu, banyaknya dari masyarakat. Seperti pihak DKM. Dan ada juga dari Polrestabes Bandung," papar Endang.

AYO BACA : DKM Masjid Raya Bandung: Daging Kurban Jangan Dijual Lagi

Ia menjelaskan, masyarakat yang ingin memotong hewan kurban di RPH Ciroyom harus terlebih dahulu mendaftarkan hewan yang akan dipotong tersebut.

"Ini cukup berbeda, ya. Tahun lalu itu masyarakat datang, lalu kami layani untuk pemotongan. Kalau tahun ini, prosedurnya harus mendaftar ke Dispangtan (Dinas Pengan dan Pertanian), lalu kemudian mendapat surat untuk izin pemotongan hewan kurban. Lalu surat tersebut diberikan kepada kami," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyebutkan, permintaan masyarakat untuk melakukan pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom cukup tinggi. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan 20 orang penjagal atau pemotong hewan kurban di RPH Ciroyom.

"Jadi, pemotongan satu ekor sapi itu dikerjakan oleh dua orang," ujar Gin Gin.

Ia juga menyebutkan, naiknya pemintaan untuk pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom adalah dampak positif dari kenaikan angka hewan kurban di Kota Bandung. Jumlah hewan kurban di Kota Bandung pada tahun ini mengalami kenaikan hingga 76,71 persen.

AYO BACA : Pemkot Bandung Terjunkan 136 Petugas Periksa Kualitas Daging Kurban

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar