Yamaha Aerox

Ini Tips Atasi Data Ponsel Android yang Sesak

  Minggu, 11 Agustus 2019   Dadi Haryadi
Smartphone. (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Ponsel berkapasitas penyimpanan data yang melimpah seringkali tidak dimiliki setiap orang. Ponsel dengan kapasitas data sedikit menyulitkan penggunanya untuk memasang aplikasi baru atau menyimpan foto dan video.

Pembelian ponsel yang baru bukan satu-satunya solusi untuk data ponsel yang penuh. Jika ponsel tidak memiliki slot untuk kartu memori, ada cara lain untuk menyediakan ruang di ponsel, seperti dikutip dari laman The Verge.

1. Perangkat Free Up Space
\nSetiap ponsel Android dilengkapi dengan perangkat bawaan (built-in) yang dapat membebaskan sejumlah ruang penyimpanan, tanpa perlu memasang aplikasi tambahan.

AYO BACA : Tips Memotret Pakai Ponsel bagi Pemula

Biasanya fitur free up space terletak di menu penyimpanan (storage) dan dapat diakses dari setelan (setting). Fitur itu akan memperlihatkan berapa banyak kapasitas yang digunakan dari total kapasitas yang tersedia.

Ketuk free up space untuk membersihkan sejumlah ruang yang terpakai untuk cache.

Selain cara itu, pengguna juga bisa meneliti satu per satu aplikasi yang ada di ponsel. Cermati berapa banyak kapasitas yang dipakai oleh sebuah aplikasi. Ketuk clear storage atau clear cache untuk membersihkan sejumlah data yang tidak terpakai.

AYO BACA : 5 Fitur Agar Anak Aman “Internetan” di Ponsel

2. Cek aplikasi
\nCek aplikasi mana saja yang tidak pernah digunakan, hapus aplikasi tersebut agar dapat digunakan untuk memasang aplikasi lain.

3. Simpan foto di cloud
\nSalah satu data yang cukup menyita kapasitas penyimpanan adalah foto atau video. Sebenarnya, beberapa ponsel bisa secara otomatis mengirim foto dan video untuk disimpan di Google Photos. Pengguna bisa menghapus foto-foto yang masih tersimpan di ponsel selama sudah masuk Google Photos.

Pengguna juga bisa secara manual mengunggah foto ke Google Photos, caranya buka aplikasi Photos dan ketuk ikon tiga dan pilih pengaturan (settings).

Ketuk back up and sync untuk mengunggah foto ke aplikasi Photos.

4. Pengelola berkas (file manager)
\nAplikasi manajemen berkas seperti Google Files akan mempermudah pengguna mengecek berkas apa saja yang ada di ponsel. Beberapa merek ponsel memiliki kemampuan untuk memberi tahu file tidak terpakai apa saja yang memakan kapasitas penyimpanan, termasuk juga duplikasi berkas dan berkas yang berukuran besar.

AYO BACA : Android Makin Aman, Verifikasi Akun bisa Lewat Tombol Fisik Ponsel

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar