Yamaha Lexi

Takbiran di Alun-alun Bandung, Warga Soroti Parkir Liar Hingga Pengamen

  Minggu, 11 Agustus 2019   Faqih Rohman Syafei
Ribuan warga menghabiskan malam takbiran di Alun-alun Kota Bandung, Sabtu (10/8/2019). (Faqih Rohman Syafei/ayobandung.com)

REGOL, AYOBANDUNG.COM -- Ribuan warga Kota Bandung menghabiskan malam takbiran Iduladha 1440 H di Alun-alun Kota Bandung, pada Sabtu (10/8/2019). Letaknya yang strategis di tengah kota membuat alun-alun menjadi salah satu tujuan wisata religi utama masyarakat Bandung menjelang hari raya kurban.

Berdasarkan pantauan ayobandung.com, suasana alun-alun Kota Bandung tampak meriah. Para pengunjung terlihat bersantai menikmati lantunan takbir dari Mesjid Raya Bandung. 

Selain pengunjung, pedagang kaki lima (PKL) juga memenuhi pelataran masjid. Kemacetan bahkan terjadi di ruas jalan sekitar alun-alun karena banyaknya parkir liar di pinggir jalan.

Warga Babakan Ciparay, Emon (32), mengaku sengaja menghabiskan malam bersama keluarganya di alun-alun Kota Bandung. Menurut dia, lokasi alun-alun ini mudah di akses oleh warga dari segala penjuru kota.

"Kalau saya kebetulan lewat sini, sekalian main. Karena nyaman juga, cocok juga untuk rekreasi sama keluarga soalnya ada di tengah kota," ujarnya kepada ayobandung.com, Sabtu (10/8/2019).

Namun dia menyayangkan banyaknya PKL dan parkir liar di sekitar kawasan itu sehingga alun-alun terlihat agak semrawut. Emon berharap pemerintah dan instansi terkait dapat kembali menata area berdagang dan parkir kendaraan.

"Ya kalau bisa mah ditata lagi, kadang-kadang juga agak risih. Kalau parkir asal aman saja, cuma kalau bisa kasih ruang jadi gak sampai ke jalan juga," katanya.

Sementara itu, warga Cibiru, Noval (30), mengatakan cukup terganggu dengan banyaknya PKL yang berkeliaran di area rumput sintetis alun-alun. Menurutnya selain PKL, banyak juga pengamen yang meminta dengan secara memaksa kepada pengunjung.

"Kalau bisa ini di tata kembali sehingga semuanya nyaman berkunjung ke sini," ungkap Noval.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar