Yamaha Lexi

2.000 Bungkus Daging Kurban Masjid Raya Bandung Pakai Besek

  Sabtu, 10 Agustus 2019   Faqih Rohman Syafei
Wakil Ketua Dewan Keluarga Masjid Masjid Raya Bandung M. Sulhan. (Faqih Rohman/Ayobandung.com)

REGOL, AYOBANDUNG.COM—Masjid Raya Bandung mulai menerapkan penggunaan besek bambu sebagai pengganti kantong plastik untuk pendistribusian daging hewan kurban. 

Wakil Ketua Dewan Keluarga Masjid Masjid Raya Bandung M. Sulhan mengatakan, sebanyak 5.000 bungkus daging hewan kurban yang akan didistiribusikan kepada masyarakat, 2.000 bungkus di antaranya menggunakan besek bambu.

AYO BACA : Sekolah Pribadi Bandung Bagikan Daging Kurban dengan Besek Bambu

"Terkait imbauan penggunaan besek, kami respons dan mengakomodasi untuk meminimalisir penggunaan plastik yang berbahaya bagi lingkungan," ujarnya kepada Ayobandung.com, Sabtu (10/8/2019).

Dia menjelaskan, penggunaan bungkus ramah lingkungan untuk daging hewan kurban telah dibahas secara internal. Diputuskan bahwa bungkus daging kurban menggunakan besek bambu dan bungkus yang terbuat dari tepung tapioka.

AYO BACA : Panitia Kurban Diimbau Pakai Kantong Ramah Lingkungan

"Sudah berkali-kali dibahas disiapkan 2000 besek. Kami inisiatif cari bungkus dari tepung tapioka itu, tapi sampai kemarin, hampir sampai seminggu petugas mencari tidak ketemu dan opsi terakhir besek," katanya. 

Menurutnya, harga besek bambu cukup menguras anggaran yakni sekitar 1.000-1.300 per buah. Dia pun meminta kepada pemerintah dan instansi terkait membantu penyediaan bungkus ramah lingkungan untuk hewan kurban agar mudah didapatkan. 

"Karena kita tidak bisa memenuhi, jadi terakhir tetap ada plastik, tetapi ada upaya. Tahun depan siap 100% asalkan pemerintah siapkan supporting system, barangnya ada di pasaran dan bisa kami akses barangnya," sebutnya. 

Di sisi lain, Sulhan berharap penggunaan bungkus ramah lingkungan ini dapat ditiru oleh masjid-masjid lainnya di Jawa Barat karena kantong plastik susah diurai oleh alam.

"Kami ingin Masjid Raya Bandung jadi pionir bagaimana memanfaatkan kemasan yang ramah lingkungan supaya ditiru masjid-masjid lain di Jawa Barat," pungkasnya. 

AYO BACA : Besek Hambat Pertumbuhan Bakteri dalam Daging Kurban

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar