Yamaha NMax

0,25 Hektare Hutan Bandung Utara Terbakar

  Jumat, 09 Agustus 2019   Tri Junari
Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin. (Tri Junari/ayobandung)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM --0,25 hektare hamparan alang-alang di hutan Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) area Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara terbakar pekan lalu.

Penyebabnya diduga akibat ulah manusia seperti membuang puntung rokok sembarangan di kawasan hutan.

Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin, mengatakan kejadian kebakaran berada di hutan pinus Cikole tepatnya di atas obyek wisata Orchid Forest. Sementara total luas lahan hutan Bandung Utara 20.560 hektare

"Untuk mengidentifikasi penyebabnya memang sulit. Namun dugaan awal kebakaran akibat ulah manusia seperti puntung rokok, jika faktor alam misalnya gesekan ranting kering itu kecil kemungkinan,"ujar Komarudin saat dihubungi ayobandung.com, Jumat (9/9/2019).

Areal yang terbakar berupa alang-alang kering yang terhampar di bawah hutan pinus. Beruntung titik api bisa segera diketahui petugas yang berjaga dan sigap melakukan pemadaman.

Meski dalam skala kecil, kejadian ini menjadikan pelajaran bagi Perhutani dengan meningkatkan kesiagaan selama musim kemarau.

Ditambahkan Komarudin, sejak ditetapkan siaga bencana kebakaran kawasan hutan, Perhutani KPH Bandung Utara melakukan sejumlah langkah antisipasi seperti melengkapi petugas dengan APAR praktis.

Dalam kawasan hutan diwaspadai kebakaran daerah yang berbatasan langsung dengan aktivitas masyarakat seperti perkebunan. Ia juga mengimbau pendaki untuk meminimalisir pembuatan api.

"Kami sudah melakukan langkah antisipasi membekali petugas lapangan dengan alat pemadam praktis," jelasnya.
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar