Yamaha

Diskar PB Kota Bandung Catat 115 Kebakaran dari Januari Hingga Awal Agustus

  Jumat, 09 Agustus 2019   Faqih Rohman Syafei
Kadiskar PB Kota Bandung Dadang Iriana. (Faqih Rohman Syafei/ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat ada 115 peristiwa kebakaran yang terjadi selama Januari hinggga awal Agustus 2019 di Kota Bandung. Hal tersebut diungkapkan Kadiskar PB Kota Bandung Dadang Iriana.

"Yang kami catat selama Januari sampai awal Agustus ini ada 115 kebakaran yang terjadi di Kota Bandung," ujar Dadang kepada Ayobandung.com, Kamis (8/8/2019).

AYO BACA : Kebakaran Rumah di Cigadung, Diduga dari Mobil yang Sedang Diperbaiki

Dadang mengatakan memasuki musim kemarau, peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Bandung meningkat. Berdasarkan catatan, dalam satu minggu rata-rata ada tiga kali kebakaran terjadi. 

"Terus meningkat, selama musim kemarau cukup banyak dan tinggi. Selama musim kemarau satu minggu bisa tiga kali kebakaran," katanya. 

AYO BACA : Kebakaran Hanguskan Bangunan dekat Perumahan Dosen Unpad Cigadung

Untuk menekan angka kebakaran, kata dia, Diskar PB Kota Bandung terus melakukan sosialisasi cara pencegahan atau penanggulangan kebakaran ke setiap kelurahan. Kegiatan tersebut pun, telah menjadi agenda rutin untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya kebakaran.

"Kami sosialisasi seminggu empat kali di kelurahan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran," terangnya. 

Dadang pun mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan. Selain itu, apabila akan meninggalkan rumah, masyarakat diminta untuk selalu cek keadaan perabotan listrik.

"Jangan membakar sampah di siang hari dalam keadaan panas dan angin kencang, karena dikhawatirkan akan merembet ke obyek lain. Jika akan meninggalkan rumah, instalasi listrik tolong dicek. Perabotan rumah tangga elektronik dicabut dan kompor diperiksa lagi," ungkap Dadang.

AYO BACA : Kebakaran Hanguskan Bangunan Bengkel di Ciwastra

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar