Yamaha Mio S

Emil Pastikan Pertamina Bertanggung Jawab Terkait Kebocoran Minyak

  Kamis, 08 Agustus 2019   Fira Nursyabani
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) didampingi Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana (kiri) dan Direktur Utama Pertamina EP Nanang Abdul Manaf (kanan) meninjau lokasi terdampak tumpahan minyak mentah milik Pertamina di pesisir Pantai Cemarajaya, Cibuaya, Karawang, Jawa Barat, Rabu (7/8/2019). (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

KARAWANG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menekankan agar masyarakat di 12 desa wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang yang terdampak tumpahnya minyak mentah Pertamina untuk tidak perlu khawatir. Ia telah memastikan Pertamina sebagai korporasi bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

"Sejauh ini kita harus menghargai upaya Pertamina. Sesuai dengan laporan yang saya terima, semua yang sifatnya kerugian, selama wajar dan apa adanya, sudah disepakati akan diganti," katanya saat mengunjungi masyarakat terdampak tumpahnya minyak mentah mentah Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), di Karawang, Rabu (7/8/2019).

AYO BACA : Ridwan Kamil Imbau Nelayan Tak Jual Ikan Tercemar Minyak Pertamina

Ia meminta bupati dan jajarannya untuk proaktif membantu warga dengan mendata seobjektif mungkin. Masyarakat juga diimbau melaporkan sesuai kondisi di lapangan.

Menurut dia, tidak ada satu orangpun yang menginginkan terjadinya musibah. Namun jika terjadi, musibah tersebut harus dihadapi dan dicari solusi terbaik bagi semua pihak.

AYO BACA : Ridwan Kamil Minta Pertamina Beri Kompensasi Warga Korban Kebocoran Minyak

"Dalam krisis kita tidak boleh saling menyalahkan, tapi bergotong-royong untuk menanggulangi masalah ini. Karena itu, saya minta kepada semua pihak untuk saling menjaga. Jangan terprovokasi agar tetap kondusif," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Ia juga menyampaikan, dalam menindaklanjuti kompensasi untuk masyarakat terdampak, harus kembali pada nilai-nilai Pancasila, khususnya sila keempat.

"Terapkan sila keempat. Utamakan musyawarah dan gunakan perwakilan. Sampaikan keluhan melalui perwakilan kelompok masyarakat kepada pihak berwenang sehingga tetap kondusif,” kata dia. 

AYO BACA : Tumpahan Minyak Ancam Ratusan Ribu Pohon Bakau di Bekasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar