Yamaha

TPA Pasirembung Cianjur Rawan Kebakaran Saat Kemarau

  Rabu, 07 Agustus 2019   Fira Nursyabani
Alat berat di TPSA Pasirsembung, Cianjur, Jawa Barat, mengurai sampah untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan yang dapat berdampak ke rumah warga di sekitar area terutama pada musim kemarau. (ANTARA News/Ahmad Fikri)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cianjur melakukan upaya pendinginan di area Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Pasirsembung. Upaya tersebut guna mengantisipasi terjadinya kebakaran di gunungan sampah.

Kasi pengolahan sampah dan limbah DLH Cianjur, Wawan Setiawan mengatakan proses pendinginan tersebut dilakukan dengan cara menyirami tumpukan sampah secara manual setiap hari terutama pada siang hari.

AYO BACA : Siaga Kekeringan, Jabar Petakan Solusi Jangan Pendek dan Menengah

Setiap musim kemarau, area TPSA rawan terjadi kebakaran lahan yang setiap tahun kerap terjadi. Bahkan beberapa tahun yang lalu kebakaran tumpukan sampah akibat musim kemarau nyaris menjalar ke perkampungan warga.

"Kami belum memiliki alat khusus untuk melakukan pendinginan di area TPSA. Kami hanya melakukan penyiraman secara manual dengan memanfaatkan sumber air yang diangkut mobil sedot tinja milik DLH," katanya.

AYO BACA : Kekeringan di Jabar Meluas ke 20 Kabupaten/Kota

Memasuki musim kemarau tahun ini, ungkap dia, tumpukan sampah yang ada di Pasirsembung terus menggunung dan rawan terjadi kebakaran yang disebabkan sejumlah faktor seperti gas metan, bekas puntung rokok, dan serpihan kaca yang ditempa panas.

Pihaknya mencatat TPA Pasirsembung pernah mengalami kebakaran hebat akibat musim kemarau pada 2003 dan 2017. Sedangkan tahun 2018 hingga saat ini, belum pernah terjadi kebakaran.

"Saat terjadi kebakaran tahun 2003 dan 2017 kebakarannya tidak terlalu besar dan bisa langsung ditanganin secara cepat tidak menyebar hingga keluar TPSA," katanya.

Ia berharap penyiraman secara rutin terhadap gunungan sampah tersebut dapat mencegah terjadinya kebakaran. "Mudah-mudahan saja di musim kemarau saat ini kebakaran di TPA tidak terjadi," katanya.

Namun, sebagai upaya antisipasi lain, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Pemadam Kebakaran Cianjur, untuk membantu pemadaman jika terjadi kebakaran.

AYO BACA : Sawah Alami Kekeringan Ekstrem, Petani Garut Terpaksa Nganggur

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar