Yamaha Lexi

Cuci Motor Paling Murah di Kabupaten Bandung, Hanya Rp5000

  Selasa, 06 Agustus 2019   Mildan Abdalloh
Cuci Motor Razaaq. (Mildan Abdalloh/ayobandung)

MARGAHAYU, AYOBANDUNG.COM -- Rata-rata tarif untuk mencuci motor di Bandung mencapai Rp10.000-Rp15.000. Namun di sebuah tempat pencucian di Jalan Raya Kopo Bihbul KM 9, mencuci sepeda motor hanya Rp5.000.

Lokasinya berada di seberang Rumah Sakit Lanud Sulaiman, Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung.

Nama tempat cuci motor termurah tersebut adalah Razaaq Cuci Motor.

Pemilik Cuci Motor Razaaq, Indro Sukhrisno (47), mengatakan tempat cuci motor tersebut didirikan 12 tahun silam. 

"Awalnya di pinggir, 9 tahun lebih di sana. Kalau di sini baru 2 tahun lebih," ujar Indro kepada Ayobandung.com, Selasa (6/8/2019).

Tempat yang berada di pinggir cuci motor, diteruskan oleh kakak iparnya. Sama halnya dengan Cuci Motor Razaaq, tempat yang dikelola oleh kakak ipar Indro juga murah, hanya terpaut Rp1.000 yaknk tarifnya Rp6.000.

Indro menuturkan, pada awal mengelola cuci motor 12 tahun lalu, dia memasang tarif seperti tempat mencuci motor biasa. Waktu itu, untuk satu kali mencuci motor, dia memasang tarif Rp4.000, seiring berjalan waktu dia menaikan harga jasa mencuci sebesar Rp6.000.

"Pas pindah di sini dan yang sebelah dikelola oleh kakak ipar, saya membuka harga promo Rp5.000. Dan sampai sekarang masih belum dinaikan lagi," ujarnya.

Indro menjelaskan kenapa dia tidak menaikkan tarifnya, karena dia telah berjanji tidak ingin serakah dalam mendapat keuntungan dari jasa yang diberikan.

Dia mengungkapkan, dengan tarif Rp5.000, keuntungan sudah didapatnya.

"Jika dipotong upah pegawai dan modal, saya mendapat untung Rp1.000/ motor. Kecil juga tidak apa-apa, yang penting ada pemasukan, konsumen juga tidak merasa berat," ungkapnya.

Walaupun memperoleh untung tidak terlalu besar, namun strategi yang dilakukan Indro cukup berhasil. Tempat cuci motor miliknya selalu ramai. Dalam sehari, ratusan motor dicuci di tempat cuci motor Razaaq.

Indro mencontohkan, bulan Juli lalu, tidak kurang dari 11.000 motor dicuci di tempat yang dikelolanya.

Selain murah, pelayanan mencuci motor milik Indro juga terbilang cepat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja untuk membersihkan satu sepeda motor.

Murah dan cepat menjadi keunggulan tempat pencucian tersebut. Sehingga banyak dimanfaatkan oleh orang yang sedang buru-buru namun sepeda motornya harus dicuci.
Pelanggan cuci motor Razaaq, sebagian besar merupakan driver ojek online dan masyarakat pekerja.

"Memang mencucinya sebentar, tapi saya kasih garansi. Kalau sudah sampai rumah ternyata masih ada yang kelewat tercuci, silahkan kembali lagi ke sini," ujarnya.

Terdapat delapan pegawai yang masing-masing mempunyai tugas sendiri. Sepeda motor yang datang akan langsung disemprot air bertekanan tinggi untuk membersihkan kotoran, setelah itu digosok oleh sabun, kemudian dibilas oleh penyemprot bertekanan rendah. Finishing, dilakukan pengelapan untuk membuang air di badan sepeda motor.
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar