Yamaha

Gempa 7,4 SR di Banten Tak Pengaruhi Gunung Tangkuban Parahu

  Jumat, 02 Agustus 2019   Nur Khansa Ranawati
Gunung Tangkuban Parahu. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Gempa 7,4 skala ritcher yang terjadi di 137 kilomenter baratdaya Sumur, Banten pada Jumat (2/8/2019) malam diperkirakan tidak memengaruhi aktivitas Gunung Tangkuban Parahu yang pagi tadi statusnya naik menjadi waspada. Hal tersebut telah dikonfirmasi pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Sampai saat ini setelah kejadian gempa Banten tidak terdeteksi adanya kenaikan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu, ungkap Kasubdit Mitigasi Gunung Berapi PVMBG, Nina H. Haerani saat dihubungi Ayobandung.com.

Karena beda sistem, gempa tadi berasal dari subduksi sepertinya, tambahnya.

AYO BACA : Gempa Magnitudo 7.4 Melanda Banten, Berpotensi Tsunami

Hal serupa juga disampaikan Kepala PVMBG, Kasbani ketika dihubungi secara terpisah. Dia mengatakan kondisi Gunung Tangkuban Parahu tidak terpengaruh oleh gempa Banten dan masyarakat diminta tidak panik namun tetap  waspada.

Aman, tidak ada pengaruh.Masyarakat diminta tetap tenang namun juga waspada, jelasnya.

Untuk erupsi masih terjadi terus-menerus, ketinggian kolom abu maksimal 200 meter, ungkapnya.

AYO BACA : Gempa Magnitudo 7,4 di Banten, BMKG Minta Masyarakat di Wilayah Siaga untuk Evakuasi

Sementara itu, PVMBG juga telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait gempa tersebut. Pusat gempa bumi dinyatakan berada di koordinat 104.58° BT dan 7.54° LS, dengan magnitudo M7.4 pada kedalaman 10 km, berjarak 137 km baratdaya Sumur, Banten. 

Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, ungkap perwakilan Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami PVMBG, Rahayu Robiana dalam keterangan resminya.

Gempa tersebut juga dilaporkan tidak berprengaruh pada Gunung Anak Krakatau. Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi korban jiwa dan kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini, jelasnya. 

PVMBG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Masyarakat juga diminta tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

AYO BACA : Gempa Banten Terekam di Seismograf Tangkuban Parahu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar