Yamaha Aerox

Imigrasi Tasik Ciduk 3 WNA Ilegal Asal Taiwan

  Kamis, 01 Agustus 2019   Fira Nursyabani
Kepala Sub Seksi Pengawasan Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya, Sarial, saat menunjukkan dokumen milik 3 WNA ilegal asal Taiwan. (Dok. Kantor Imigrasi Tasikmalaya)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Kantor Imigrasi Tasikmalaya mengamankan tiga warga negara asing (WNA) asal Taiwan karena tidak memiliki izin tinggal. Mereka diketahui bekerja di tempat wisata Karang Resik, Kota Tasikmalaya.

"Jadi indikasinya ada penyalahgunaan izin tinggal, tak ada koordinasi juga," kata Kepala Sub Seksi Pengawasan Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya, Sarial, Rabu (31/7/2019).

AYO BACA : Pernah Terdampak Gempa, SD di Tasik Masih Dibiarkan Rusak

Ia menuturkan, Kantor Imigrasi Tasikmalaya mendapatkan laporan dari warga adanya WNA Taiwan yang bekerja di tempat wisata Karang Resik, Kota Tasikmalaya, kemudian melakukan penyelidikan.

Setelah dimintai dokumen keimigrasiannya, kata dia, tiga WNA itu tidak mampu menunjukkannya sehingga terpaksa dibawa petugas Kantor Imigrasi Tasikmalaya untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

AYO BACA : Kemunculan Macan Tutul Kagetkan Warga Tasik

"Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui tak memegang izin bekerja, satu kunjungan dengan bebas visa dan dua lainnya menggunakan visa travel," katanya.

Sarial mengatakan, hasil pemeriksaan sementara, ketiga WNA itu tidak mengetahui bahwa dalam aturan mereka tidak diperbolehkan bekerja. Mereka juga mengaku sedang proses perizinan bekerja oleh pihak yang mengundang.

Namun alasannya itu, kata dia, tidak dapat ditolerir, karena sesuai peraturan, WNA yang menyalahi aturan harus diamankan dan dikembalikan ke negara asalnya. "Kita akan segera deportasi Jumat (2 Mei 2019) melalui Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

AYO BACA : Ragam Manfaat Kartu Identitas Anak di Tasikmalaya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar