Yamaha Aerox

Ini Bahaya Konsumsi Kunyit Berlebih saat Hamil

  Rabu, 31 Juli 2019   Dadi Haryadi
Kunyit. (Pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Kunyit dapat meningkatkan kekebalan tubuh hingga memberi kita antioksidan, rempah kunyit ini memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dengan baik. 

Bubuk kuning ini memiliki banyak manfaat yang terbukti secara ilmiah, seperti dapat membantu dalam meringankan nyeri sendi, masalah pencernaan, kolesterol, kelelahan, sakit kepala, kanker, pilek, depresi, diabetes dan banyak lagi. Karena banyaknya manfaat dari kunyit hingga orang-orang sudah mulai mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul dan suplemen.

Karena kunyit penuh manfaat, kita sering cenderung percaya bahwa kunyit itu baik untuk semua orang tetapi tidak untuk wanita hamil. Wanita hamil tergoda untuk mengkonsumsi kunyit karena berbagai manfaat yang ditawarkannya. Namun ternyata, kunyit mengandung curcumin - bahan aktif dalam kunyit, yang dapat menyebabkan masalah pada wanita hamil ketika dikonsumsi dalam dosis besar.

AYO BACA : Manfaat Kunyit Untuk Kulit Bercahaya dan Cantik

Menurut para ahli, kunyit aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang biasa ada dalam makanan biasa. Menggunakan kunyit sebagai ramuan kuliner benar-benar aman. Kandungan kurkumin dalam kunyit kering atau bubuk tidak terlalu tinggi dan karenanya tidak akan diserap dengan baik oleh tubuh.

Kunyit selama kehamilan menjadi tidak aman jika dikonsumsi dalam obat jumlah banyak. Suplemen dan kapsul kunyit mengandung jumlah curcumin yang lebih besar, yang dapat meningkatkan risiko beberapa komplikasi kehamilan.

Apa yang terjadi ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak kunyit selama kehamilan?

AYO BACA : Riset: Bermasalah dengan Daya Ingat, Makanlah Kunyit

Curcumin mungkin meniru hormon estrogen dalam tubuh Anda, menurut para ahli. Ini dapat meningkatkan kram menstruasi dan merangsang kontraksi uterus yang dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan keguguran. Selain itu kunyit dosis tinggi dapat mengganggu obat untuk pengencer darah dan penghambat asam.

Jika Anda merasakan ruam atau sakit kepala setelah mengonsumsi kunyit, itu adalah pertanda dari tubuh Anda bahwa kunyit bukan yang paling cocok untuk Anda.

Lebih baik tidak memakan obat kapsul kunyit dan kurkumin saat Anda hamil. Tapi Anda bisa terus menggunakannya sebagai bumbu untuk membumbui makanan.

Ungkapkan dalam artikel ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti saran dokter. Silakan berkonsultasi dengan dokter untuk lebih jelasnya. (Nadiah Hamdan/Magang)

AYO BACA : Tinta Pemilu Diganti dengan Sari Kunyit ala Argasunya Cirebon

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar