Yamaha Mio S

Domba Kabupaten Bandung Berprestasi di Kontes Ternak Jabar

  Senin, 29 Juli 2019   Mildan Abdalloh
Domba Kabupaten Bandung Berprestasi di Kontes Ternak Jabar. (Dkk Humas Pemkab Bandung)

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM--Domba asal Kabupaten Bandung mengukir prestasi pada Kontes Ternak Tingkat Jawa Barat (Jabar) Tahun 2019. Pada kegiatan bertajuk Expo Peternakan dan Kontes Ternak ke-38 Tingkat Provinsi Jabar, yang dipusatkan di Lapangan GOR Singalodra Sindang Kabupaten Indramayu pada 23 – 24 Juli 2019 lalu itu, domba asal Kecamatan Arjasari meraih Juara 1 dan Juara 2 untuk Kategori Petet.

“Untuk Kategori Domba Petet, Juara 1 diraih domba bernama 3 Nagri milik Iman Welman, dan Juara 2 diraih domba bernama Prabu milik Cepi Ramdani. Kedua pemilik ini merupakan warga Desa Batukarut Kecamatan Arjasari,” ucap Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Bandung A. Tisna Umaran, MP di sela-sela kegiatan Pelepasan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban di Halaman D’Fresh Market Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung, Senin (29/7/2019).

Kemudian Juara 1 juga diraih domba asal Kecamatan Katapang untuk Kategori Ratu Bibit. Untuk Kategori Raja Kasep (Raja Pejantan), domba asal Kecamatan Ibun dan Majalaya masing-masing meraih Juara 2 dan 3. Pada Kategori Sapi Perah Betina, Juara 2 diraih peserta asal Kecamatan Pangalengan. Sedangkan Kambing Ratu Bibit dari daerah yang sama meraih Juara 3.

“Kategori Domba Ratu Bibit Juara 1 diraih Domba Mojang Priangan milik Dikdik Aprianto, warga Desa Gandasari Kecamatan Katapang. Kategori Domba Raja Kasep Juara 2 diraih Domba Dorna milik Baran Siswandi warga Desa Ibun Kecamatan Ibun. Sedangkan Domba Gembang milik H. Arif Fridaya warga Desa Majakerta Kecamatan Majalaya merebut Juara 3,” urai Kadistan.

Selain itu, Enung Suarni warga Kecamatan Pangalengan juga meraih prestasi. Sapi perah betina miliknya menempati Juara 2 untuk Kriteria Umur 12-15 bulan. Dede Sobar, asal Pangalengan, meraih Juara 3 untuk Kambing bernama Bantul pada Kategori Ratu Bibit.

Kabupaten Bandung sendiri mengikutsertakan empat ekor sapi perah, dua ekor kambing perah raja pejantan, dua ekor kambing ratu bibit, dan 34 ekor domba garut. Dalam event tersebut terekspos pula panen pedet sapi potong hasil pelaksanaan inseminasi buatan (IB), Pameran Sumber Daya Genetik Lokal dan Bursa Ternak Qurban, Pameran Pembangunan, Gelar Teknologi dan Produk dari seluruh Sub Sistem Agribisnis Peternakan (Hulu – Produksi – Hilir), serta Produk Pangan Unggulan dari perwakilan dinas masing-masing daerah.

Tisna Umaran mengungkapkan, ajang tersebut bukan hanya bertujuan untuk meraih juara, tapi lebih pada bagaimana memotivasi peternak atau para pelaku usaha ternak dalam membangun dan mengembangkan usaha peternakannya.

“Kami mengikutsertakan para pemilik ternak dalam kontes ini, sebagai salah satu upaya memotivasi mereka dalam membangun usahanya. Selain itu juga untuk meningkatkan mutu dan daya saing, agar mereka bisa bersaing di pasar lokal. Terlebih sebentar lagi kita akan menghadapi Iduladha 1440 H. Tentunya kita berharap di tingkat lokal, jangan sampai kalah dari pendatang,” tutup Tisna Umaran.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar