Yamaha Mio S

Situ Cisanti, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Kabupaten Bandung

  Senin, 29 Juli 2019   Andres Fatubun
Situ Cisanti. (Reyhan Pangestu)

KERTASARI, AYOBANDUNG.COM -- Hamparan danau juga pepohonan berwarna hijau adalah pemandangan yang akan kita temukan di tempat wisata Situ Cisanti. Danau yang merupakan titik 0 kilometer dari sungai citarum ini memiliki luas sekitar 5000 hektare.

Danau yang terletak di desa Tarumajaya, kecamatan Kertasari kabupaten Bandung ini menawarkan pemandangan alam yang indah. Danau yang bersih dan hamparan pepohonan yang hijau ini cocok untuk Anda yang ingin berwisata sambil menikmati indahnya alam.

Di sini, selain terdapat hamparan danau juga pepohonan yang indah, ada pula makam Dipati Ukur dan 7 Mata air yang memiliki nilai sejarah. Namun, makan dan 7 mata air ini hanya dibuka di hari-hari tertentu saja. Selain itu, tempat wisata Situ Cisanti ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

AYO BACA : Dukung Situ Cisanti Jadi Destinasi Wisata, Kanwil DJP Jabar I Bangun Dermaga

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke sini, tidak perlu khawatir menyimpan kendaraan anda, karena tempat wisata ini memiliki lahan parkir yang cukup luas. Setiap hari minggu pagi, warga sekitar pun kerap mengadakan senam di lahan parkir ini.

Selain lahan parkir yang luas, di tempat wisata Situ Cisanti ini juga disediakan toilet khusus pria dan wanita yang bisa dibayar secara sukarela. Ada pula kantin yang berisikan deretan penjual makanan di depan tempat wisata ini.

Hal yang menarik dari tempat wisata Situ Cisanti ini adalah banyaknya tempat sampah yang disediakan. Setiap sekitar 10 meter, pengunjung dapat menemukan tempat sampah. Hal ini tentunya agar pengunjung membuang sampah pada tempatnya.

AYO BACA : Kopi Jabar: Tidak Hanya Cisanti, Gunung Wayang Juga Punya Kopi Khas

Mayesha, salah satu pengunjung Situ Cisanti mengatakan banyaknya tempat sampah ini mempermudah pengunjung untuk menjaga kebersihan.

“Enak jadi ngga susah buang sampah. Mereka memfasilitasi pengunjung agar buang sampah pada tempatnya, jadi bisa bersih terus kaya gini,” ucap Mayesha.

Tempat wisata Situ Cisanti ini memang terlihat bersih dan juga terawat. Namun pada saat ini, ketinggian air di danau ini sedang surut.

Hanya dengan Rp10.000 Anda sudah bisa membeli tiket masuk untuk memanjakan mata Anda dan melupakan penatnya aktivitas sehari-hari di Situ Cisanti ini. Di sini juga disediakan perahu kayu dan karet yang siap mengantar anda mengelilingi danau ini. Untuk menaiki perahu ini Anda harus membayar lagi sebesar Rp10.000. (Vichela Regina)

AYO BACA : Kurangi Pencemaran Citarum, Kandang Sapi Komunal Penghasil Biogas Hadir di Cisanti

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar