Yamaha

10 Negara Afrika Teraman untuk Dikunjungi di Tahun 2019

  Jumat, 26 Juli 2019   Andres Fatubun
Satwa liar di Taman Nasional Etosha, Namibia. (lightbox)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Negara-negara di benua Afrika dikenal dengan alamnya yang eskotis dan peradaban kuno. Meski demikian, masalah keamanan menjadi faktor penghambat bagi wisatawan untuk berkunjung ke benua yang kerap dilanda perang saudara tersebut.

Namun berkat upaya dunia internasional untuk membangun perdamaian seriing dengan berkembangnya sistem demokrasi, sejumlah negara Afrika bangkit dari keterpurukan dan bahkan menjadi destinasi wisata.

Berikut adalah 10 negara teraman di Afrika yang layak dikunjungi khususnya di tahun 2019, seperti yang ditulis oleh Heather Richardson. Ia merupakan penulis dan traveller yang tinggal di Afrika Selatan. 

1. Rwanda 
Rwanda adalah negara yang tidak diragukan keamanannya. Kigali sebagai ibukota merupakan kota yang canggih dan menenangkan. Terlihat banyak aparata keamanan yang berjaga. Rwanda terdaftar sebagai negara teraman kesembilan di dunia. Anda bisa mengunjungi negara tropis ini kapan saja, tapi Bulan Juni - September adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Rwanda karena sedang musim kering. 

2. Botswana 
Botswana dikenal sebagai negara dengan tingkat kriminal yang rendah. Destinasi wisatanya pun dikelola dengan baik dengan pemandu wisata yang berpengalaman. Wisatawan akan diarahkan ke hutan belantara yang jarang penduduknya untuk melihat langsung hewan liar di Delta Okavango dan Chobe National park. Bulan Mei-Oktober adalah waktu yang cocok untuk berkunjung ke sana. Disana juga Anda dapat melihat zebra yang sedang migrasi di Makgadikgadi Panci selama musim hijau bulan Desember hingga Maret. 

3. Mauritius
Satu dari tempat teraman di Afrika adalah pulau Mauritius. Pulau ini sangat cocok dikunjungi saat liburan. Warga setempat hidup berdampingan dan banyak obyek wisata pantai yang membuat pengunjung semakin nyaman berada di pulau ini. Port Louis adalah kota yang termasuk kota terkaya di Afrika. Minimnya angka kemiskinan di sana membuat kejahatan jarang terjadi. Dalam sejarah, orang-orang terdahulu yang datang ke pulau ini sebagai budak atau pekerja kontrak, mereka membuat ikatan dan menjadikan kota ini sebagai kota yang aman dan ramah. Anda dapat berkunjung ke pulau ini dengan beberapa pilihan musim : Bulan Mei- November adalah musim kering, Desember - April musim panas, dan Januari- Maret musim hujan.

4. Namibia
Namibia dikenal padang pasirnya yang luas yang menjadi destinasi utama. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menjajal adrenalin dengan sky diving dan keliling kota Swakopmund dengan sepeda. Angka kejahatan yang minim membuat tempat ini aman untuk dijunjungi. Selain itu, iklim politik di stabil dan jauh dari konflik. Untuk melihat satwa liar di Taman Nasional Etosha, berkunjunglah pada musim dingin dari bulan Juli hingga Oktober. 

5. Seychelles
Keanekaragaman hayati yang ada di pulau Sychelles selalu menjadi alasan pengunjung untuk datang ke Afrika. Tempat ini aman dan jarang terjadi kejahatan, hanya saja harus berhati-hati pada pasang surutnya laut saat berenang. Keadaan politik di sana terbilang stabil dan kejahatan sangat jarang terjadi. Kebanyakan pengunjung memilih tempat istirahat di dekat pantai. Berkunjunglah di bulan April, Mei, Oktober dan November saat musim hujan tiba.

6. Ethiopia
Ethiopia termasuk tempat yang aman dikunjungi meskipun terdengar kasus kelaparan sepanjang tahun. Ethiopia saat ini stabil dan memiliki tingkat keamanan yang baik. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat sejak tahun 2007 dan tempat wisata yang mulai berkembang beberapa tahun terakhir membuat turis semakin mudah untuk berkunjung.  Bulan April hingga Oktober adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana.

7. Maroko
Maroko memiliki tingkat keamanan dan keadaan poltik yang stabil, kejahatan serius jarang terjadi di sini. Tapi pengunjung harus tetap waspada terhadap pencopetan di Ibu Kota Maroko. Maroko adalah tempat yang panas, jadi berkunjunglah pada bulan April, Mei, September atau Oktober saat cuaca lebih sejuk. 

8. Lesotho
Negara kecil ini memiliki pegunungan yang hijau dan asri. Hal ini tentu saja menjadi alasan pengunjung untuk datang ke tempat ini. Mendaki sebaiknya dilakukan berkelompok. Bulan Maret-April adalah waktu yang tepat untuk mendaki dan Juni-Agustus waktu yang tepat untuk bermain ski.

9. Zambia
Beberapa kota di Zambia seperti Lusaka dan Livingstone terbilang rawan kejahatan, tapi sebagian besar wilayanhnya aman. Maka dari itu Zambia masih termasuk tempat yang aman untuk dikunjungi di Afrika. Bulan Mei-Oktober adalah waktu yang tepat untuk melihat satwa liar. Sedangkan untuk mengunjungi air terjun Viktoria, bulan Juni-September adalah waktu yang terbaik.

10. Kenya
Dengan berita konflik politik sepanjang tahun, Kenya masih tetap menjadi tempat yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Infrastruktur yang mapan dibandingkan negara Afrika lainnya membuat wisatawan mudah berkeliling Kenya. Tapi masih ada wilayah-wilayah yang harus diwaspadai seperti di perbatasan Somalia. Bulan Juli-Oktober adalah waktu yang tepat untuk melihat satwa liar yang sedang migrasi di Masai Mara.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar