Yamaha Mio S

Kabel Semrawut di Kota Bandung Rusak Keindahan

  Kamis, 25 Juli 2019   Andres Fatubun
Kabel semrawut di perempatan Jl Jakarta dan Jl A. Yani Bandung. (Andres/ayobandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Keadaan kabel listrik dan fiber optik yang semrawut, terbengkalai, menjuntai, dirambati tanaman, dan tidak terawat masih ditemukan di sejumlah titik di Kota Bandung. Selain membahayakan, hal tersebut merusak keindahan kota.

Belum lagi tiang yang dipasangi atau digantungi iklan properti, bimbingan belajar, sewa badut, hingga iklan sedot WC menjadikan pemandangan tak sedap. 

Gambar mungkin berisi: langit, awan dan luar ruangan

Kesemrawutan itu, salah satunya berada di perempatan antara jalan Aceh dan Jalan Wastukencana. Di lokasi tersebut, terdapat beberapa tiang listrik dengan gulungan kabel yang menggantung dan menumpuk dengan kabel lainnya, sehingga terlihat acak-acakan.

Menurut seorang pekerja yang kerap melintas di daerah tersebut, Dede (38), bahwa kabel yang semrawut di jalan itu sangat mengganggu dan pernah membahayakan orang yang melewatinya. 

“Sangat mengganggu dan nggak enak dilihat. Pernah sekali dulu waktu itu ada sebuah mobil yang lewat nyangkut di kabel itu karena saking turunnya (menjuntai),” ucapnya, Rabu (24/7/19).

Dede sangat menyayangkan karena pemerintah kurang memperhatikan kabel yang terbengkalai tersebut.

“Sebenarnya sih bisa dibenerin kalau ada kemauan, kayak kabel-kabel yang ngga aktifnya diturunin dan tiang yang tidak dipakai dicabut,” sambungnya.

Hal yang sama juga ditemukan di kawasan Jl Prof Eyckman, Cihampelas.

Kabel yang seharusnya tertata rapih di atas tiang listrik, kini justru terkesan berbelit-belit dan kusut. Parahnya, tidak sedikit kabel yang semrawut itu menjuntai ke bagian bawah tiang sehingga menghalangi trotoar.

Gambar mungkin berisi: langit, awan, pohon dan luar ruangan

Seorang juru parkir, Rendi (32), mengeluhkan kondisi tersebut.

“Meskipun tidak terlalu menggangu, kabel-kabel tersebut terlihat berbahaya dan juga merusak pemandangan," ujarnya, Rabu (24/7/2019) 

Ia menambahkan sering melihat tikus memanjat kabel yang menjuntai itu ke atas tiang listrik.

Warga Tidak Tahu Melapor Kemana
Kabel yang semrawut ini sudah dianggap sebagai pemandangan biasa dan lumrah. Namun bagi beberapa warga hal ini merisaukan, meski tak tahu hari lapor kemana. 

Suripin (45), seorang penjual lotek di jalan Babakansari Kiaracondong, mengeluhkan kabel yang sudah seminggu ini menjuntai hingga menyentuh aspal jalan.

Gambar mungkin berisi: langit, pohon dan luar ruangan

“Sudah satu mingguan ini ada kabel yang sampe turun ke bawah, belum ada perbaikan karena mungkin belum ada yang melapor, saya bingung juga lapornya kemana,” katanya, Rabu (24/7/2019).

Menurutnya, kondisi tersebut sangat berbahaya bagi pengguna jalan karena banyak kendaraan yang melintasi jalanan tersebut sehingga kabel terlindas. 

“Kan bahaya banyak yang lewat sini, takutnya ada arus listriknya,” sambung Suripin.

Senada dengan Suripin, warga Babakansari lainnya, Vina Oktaviani (20), menganggap selain berbahaya, kabel-kabel itu juga tidak enak dipandang.

“Harusnya segera di perbaiki, daripada menjuntai dibiarkan nanti malah terjadi hal yang tidak diinginkan,” jelas Vina. (Rayi Safira, Fitri Nurjanah, Rifqi Aufa, Pauziah Hakim/magang)

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, mobil dan luar ruangan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar