Yamaha

Mahfud MD dan Yusril Berpotensi Jadi Menteri Jokowi

  Rabu, 24 Juli 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Ketua tim kuasa hukum pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Yusril Ihza Mahendra.(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Yusril Ihza Mahendra dan Mahfud MD berpotensi mendapat jatah menteri dari kalangan profesional. Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin.

"Yang berjasa kepada Pak Jokowi, misalkan Mahfud MD dulu pernah menjadi bakal cawapresnya, bisa saja mendapatkan posisi menteri atau jaksa agung yang setingkat menteri," kata Ujang Komaruddin di Jakarta seperti dilaporkan Antara, Rabu (24/7/2019).

Sementara itu, terdapat juga Erick Thohir yang namanya tentu diperhitungkan setelah berhasil mengantarkan Jokowi menjadi pemenang Pemilu Presiden 2019.

Erick Thohir diberi kepercayaan menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf, dan kepercayaan tersebut dibalas dengan hasil yang memuaskan.

Sementara Yusril Ihza Mahendra juga tergabung dalam kandidat menteri dari jalur profesional karena sisi profesinya lebih menonjol dibanding jabatan politiknya di parpol.

Yusril didaulat menjadi ketua tim kuasa hukum pasangan Joko Widodo-Ma'ruf sepanjang masa pilpres lalu. "Pak Yusril walaupun dia ketua umum partai tapi dia basisnya kan dosen, ahli hukum, sebagai profesional, jadi posisinya kuat," kata dia.

Nama-nama yang menjadi calon menteri dalam kabinet di periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo mulai hangat diperbincangkan publik beberapa minggu terakhir. Bahkan sempat beredar di media sosial daftar nama calon menteri Kabinet Kerja Jilid II yang belakangan dikonfirmasi sebagai informasi hoaks.

Banyak pihak seakan tidak sabar ingin tahu lebih cepat siapa yang akan ditunjuk Presiden Jokowi untuk membantu menyelesaikan tugas-tugasnya di jajaran kabinet. Hal itu menurut Ujang Komaruddin membuat orang meraba-raba siapa kandidat menteri yang akan dipilih Presiden Jokowi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar