Yamaha Lexi

KNKT Bakal Selidiki Jatuhnya Pesawat Cessna di Indramayu

  Selasa, 23 Juli 2019   Erika Lia
Pesawat Latih Cessna yang jatuh di Sungai Cimanuk, Indramayu, Senin (22/7/2019). (Istimewa)

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM -- Bangkai pesawat latih jenis Cessna milik Angkasa Avitation Academy (AAA) Cirebon yang jatuh di Sungai Cimanuk Blok Kujang, Desa Lamarantarung, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, berhasil dievakuasi petugas gabungan, Selasa (23/7/2019).

Meski sempat menghadapi kendala, dalam waktu 1x24 jam, petugas gabungan berhasil mengangkat bangkai pesawat yang teronggok dalam sungai. Pesawat tersebut jatuh pada Senin (22/3/2019) siang dengan dua awak di dalamnya.

"Alhamdulillah, dalam waktu 1x24 jam kami berhasil mengangkat bangkai pesawat dari dasar sungai Cimanuk," kata Wakapolres Indramayu, Kompol Fajar Widhyadharma Lukman.

AYO BACA : Awak Cessna Jatuh di Indramayu Ditemukan Tewas

Dia menyebutkan, hambatan terberat dalam proses evakuasi bangkai pesawat terletak pada alat berat. Lokasi kejadian yang cukup jauh dengan medan yang pula cukup sulit, telah membuat keseluruhan proses evakuasi bangkai pesawat tak mudah.

Terlebih, imbuhnya, insiden itu terjadi saat sore menjelang di mana suasana mendekati gelap dan hampir semua orang beranjak menyelesaikan aktivitas hariannya.

Selanjutnya, guna kepentingan pemeriksaan, anggota kepolisian tetap disiagakan di sekitar lokasi kejadian. Pengamanan juga dimaksudkan untuk menjaga status quo pesawat dari masyarakat yang berkerumun untuk melihat kejadian itu dari dekat.

AYO BACA : Tak Terselamatkan, Satu Siswa Korban Pesawat Cessna Hanyut

"Petugas kami akan tetap menjaga lokasi," ujarnya.

Penyelidikan kasus itu sendiri kemudian akan diserahkan kepada KNKT selaku otoritas. Selain berhasil mengevakuasi bangkai pesawat dari dasar sungai, petugas gabungan juga sebelumnya berhasil menemukan satu korban yang sempat hilang pasca jatuhnya pesawat.

Korban bernama Muhammad Salman Alfarisi (25) asal Pasuruan ditemukan pada jarak sekitar 50 meter dari posisi bangkai pesawat. Salman ditemukan tewas diduga karena tenggelam, sedangkan awak pesawat lainnya, Arthur Arfa (24) selamat setelah ditolong warga sekitar tak lama setelah insiden.

Sehari sebelumnya, pesawat latih jenis cesna jatuh ke Sungai Cimanuk di Blok Kujang, Desa Lamarantarung, sekitar pukul 14.50 WIB. Setelah kejadian, seorang awaknya selamat setelah ditolong warga sekitar yang mengetahui kejadian itu.

Sementara, seorang lain sempat dinyatakan hilang sebelum kemudian ditemukan dalam keadaan meninggal dunia hari ini.

AYO BACA : Siswa Sekolah Pilot Cirebon Kecelakaan Pesawat di Indamayu

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar