Yamaha NMax

Garut Siapkan 4 Festival Meriah Jelang HUT Kemerdekaan RI

  Senin, 22 Juli 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi festival kebudayaan. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menyiapkan empat festival besar yang akan diselenggarakan di tempat berbeda. Festival yang digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia ini dapat dikunjungi masyarakat secara terbuka.

"Bulan Agustus ada empat festival, kita akan mengundang sebanyak-banyaknya masyarakat untuk hadir," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan di Garut, Senin (22/7/2019).

AYO BACA : Wagub Uu Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI di Tanah Suci

Ia menuturkan, setiap tahun Pemkab Garut khususnya di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata selalu menyelenggarakan kegiatan untuk menyambut dan memeriahkan HUT RI pada  Agustus. Khusus kegiatan HUT ke-74 RI, kata dia, telah dipersiapkan secara istimewa serangkaian acara, di antaranya Festival Pasar Wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, kemudian Karacak Valey di Kecamatan Garut Kota.

Selanjutnya kegiatan Festival Dayeuh Manggung di Kecamatan Cilawu, dan festival menyambut tahun baru Islam yang telah dipersiapkan untuk menampilkan berbagai kreasi dan seni dari banyak komunitas. "Festival tahun baru untuk meningkatkan ukhuwah islamiah dan siar Islam," kata Budi.

AYO BACA : Dua Calhaj Asal Garut Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Ia berharap, seluruh kegiatan festival itu mampu mendongkrak potensi Garut selain pariwisata dan budayanya juga kuliner khas Garut agar semakin dikenal dan bisa menarik banyak wisatawan untuk datang ke Garut. "Kita ingin terus mempromosikan destinasi dan budaya serta kuliner Garut," katanya.

Selain empat festival itu, Pemkab Garut juga sedang mempersiapkan rangkaian agenda seremonial untuk menyambut dan memperingati HUT RI tingkat Kabupaten Garut.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat mengatakan, sejumlah agenda sudah dipersiapkan, namun terlebih dahulu akan digelar rapat bersama untuk penetapannya. "Lagi persiapan, minggu ini dirapatkan," kata Ricky.

AYO BACA : Warga Binaan Bapas Garut Dilatih Buat Roti Hingga Servis Ponsel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar