Yamaha

Anak Bawa Tas Sekolah Berat, Bahayakah?

  Minggu, 21 Juli 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Ilustrasi membawa tas berat

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Apakah anak Anda membawa beban berat dalam tas sekolahnya? Anak-anak zaman sekarang terlihat membawa ransel yang berat ketika sekolah, bahu mereka akan mengalami tekanan tambahan di punggung.

Melansir indiatimes, Minggu (21/7/2019), menurut Dr Garima Anandani, spesialis tulang belakang senior dan direktur klinis, QI Spine Clinic, berat tas sekolah harus kurang dari 10% dari berat badan anak. Apa pun yang lebih dari itu dapat memengaruhi kesehatan tulang belakang anak secara negatif. Beban berlebih pada tas sekolah anak dapat menyebabkan nyeri tulang belakang, bahu, leher, dan nyeri otot tulang lainnya. Bahkan tulang belakang beresiko cedera.

“Tas ransel sangat merugikan anak-anak. Tas punggung yang kelebihan beban atau tidak dipakai dengan benar menciptakan tekanan pada tulang belakang, yang dapat menyebabkan anak condong terlalu jauh ke depan dan mengalami distorsi dari kurva alami tulang belakang, menggulirkan pundak mereka dan menyebabkan punggung atas lebih bulat. Apalagi beberapa siswa mengenakan tas mereka hanya pada satu bahu, jadi membuat sang anak berjalan miring ke satu sisi dan menyebabkan sakit leher," kata Anandani.

Tas sekolah biasanya memiliki berat antara 1-10 kilogram. Dalam sebuah studi cross-sectional untuk memahami efek dari berat tas sekolah dan masalah kesehatan muskuloskeletal pada siswa sekolah dasar Kolhapur, di Maharashtra, mereka menemukan korelasi yang signifikan antara berat tas sekolah dan ketidaknyamanan yang dikeluhkan oleh siswa. 42% pelajar melaporkan ketidaknyamanan di daerah bahu diikuti oleh 23,9% dilaporkan di leher.

Tanda-tanda yang harus diperhatikan

Bagaimana Anda tahu bahwa anak Anda menderita komplikasi kesehatan terkait tas sekolah? Waspadai jika anak Anda mengeluh nyeri leher yang konsisten di sekitar tali pundak mereka. Kelelahan di bagian bahu atau punggung bagian atas dan ketidaknyamanan dalam duduk bisa menjadi efek samping dari membawa tas yang berat.

Apa yang harus dilakukan orang tua?
Penting bahwa orang tua dan siswa untuk memilih ransel yang terbaik untuk punggung. Penting untuk memilih tas yang memiliki dua tali bahu yang lebar. Ini akan membantu mendistribusikan berat secara merata dan tidak menekan ke pundak.

Anandani mengatakan, “Kerangka ransel harus proporsional dengan kerangka anak Anda, tali yang diletakkan di tengah bahu. Tali tidak boleh terlalu lebar sehingga bisa terlepas dari bahu atau memotong otot leher." Beberapa tas bahkan dilengkapi dengan tali pinggul.

Juga sangat penting bahwa anak-anak membawa buku sesuai mata pelajaran mereka dan tidak membawa buku tambahan. Barang yang paling berat harus diletakkan di belakang dan diatur agar secara merata. Orang tua juga harus memilih kotak makan dan botol minum yang tidak menambah beban berlebih pada tas yang sudah berat. (Nadian Hamdan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar