Yamaha NMax

Ribuan Penari Kolosal Meriahkan Festival Nyi Pohaci Purwakarta

  Minggu, 21 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Para Penari Kolosal meriahkan Festival Nyi Pohaci Purwakarta, Sabtu (20/7/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Ribuan penari kolosal dari berbagai daerah di Jawa Barat memeriahkan Festival Nyi Pohaci di Kabupaten Purwakarta.

Para penari tampil dihadapan bupati dan unsur pimpinan muspida lainnya. Pembukaan festival dipusatkan di Jalan Raya Jenderal Sudirman Kabupaten Purwakarta, Sabtu (20/7/2019) malam.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, para penari kolosal ini sengaja ditampilkan untuk memeriahkan Festival Nyi Pohaci yang menjadi tema pada Hari Jadi Purwakarta ke-188 dan Kabupaten Purwakarta ke-51.

AYO BACA : Lindungi Mata Air, Pemkab Purwakarta Siap Beli dari Warga

"Para penari jumlahnya 1.000 orang berasal dari 23 sanggar di Jawa Barat," ujar Anne.

Tak hanya itu, pada Festival Nyi Pohaci juga terdapat puluhan stan yang menyediakan makanan berbahan dasar beras, di antaranya surabi, awug, putu, dan lainnya.

Anne menambahkan, stan-stan tersebut berjumlah 74, terdiri dari 24 stan milik OPD, 17 stan dari pemerintah kecamatan, dan sisanya stan milik masyarakat yang biasa berjualan makanan berbahan dasar beras.

AYO BACA : Ratusan Warga Antarkan 9 Mata Air ke Bupati Purwakarta

"Makanan itu kita gratiskan kecuali stan milik masyarakat," kata Anne.

Setelah festival ini, Anne berjanji akan terus mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Purwakarta. Sehingga ekonomi masyarakat semakin meningkat.

Anne juga menyebut pada tahun 2020 sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp1,7 miliar untuk bantuan usaha peningkatan UMKM tersebut.

"Kita kembangkan dan pemkab siap untuk mendorong," ucap dia.

AYO BACA : Mitembeyan Awali Acara Hari Jadi Purwakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar