Yamaha

Situ Wanayasa Indah dengan Pulau Santri di Tengah

  Jumat, 19 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Situ Wanayasa Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Selain dikenal dengan kulinernya yang khas, di Kabupaten Purwakarta juga telah banyak bermunculan destinasi wisata. Objek wisata yang sudah lama ada pun tak lepas dari perhatian pemerintah daerah setempat. Salah satunya adalah Situ Wanayasa yang wajib Anda kunjungi jika singgah di Kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat ini.

Situ Wanayasa menyuguhkan pemandangan indah dan sejuk di tengah perkotaan di Kecamatan Wanayasa. Situ ini berada di dataran tinggi bagian tenggara kota Purwakarta.

Yang menarik di lokasi ini, yakni keberadaan sebuah pulau kecil atau biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Pasir Santri. Keberadaan pulau yang letaknya persis di tengah-tengah telaga itu mempunyai daya tarik tersendiri karena keasriannya.

Selain suasana indah ditambah hembusan angin sejuk juga dipenuhi pepohonan sejenis pinus yang menjulang tinggi dan menambah keindahan Pasir Santri.  Maka tak heran jika banyak wisatawan berkunjung ke Situ Wanayasa hanya untuk sekedar rebahan atau berswafoto di pulau tersebut.

''Suasananya tenang, sejuk, cocok menjadi tempat istirahat atau liburan keluarga dan di sekitaran Situ Wanayasa juga banyak tersedia rumah makan, tentunya dengan menu andalannya yaitu sate'' ujar Andri (35), salah seorang warga Bandung yang mengaku sengaja singgah dalam perjalanan Purwakarta-Bandung tersebut, Jumat (19/7/2019).

Situ Wanayasa adalah danau alam yang memiliki luas sekitar 7 hektare, berada pada ketinggian 600 mdpl dengan udara yang sejuk berlatar belakang panorama Gunung Burangrang.

Saat musim mudik lebaran kemarin lokasi ini sering dijadikan tempat persinggahan para pemudik yang menggunakan jalur alternatif Purwakarta-Wanayasa-Jalan Cagak Subang untuk sekadar melepaskan kepenatan.

''Karena lokasi wisata alam ini berada persis di jalan provinsi penghubung Purwakarta-Subang. Jadi tepat sekali bila banyak pengunjung yang kebetulan lewat jadi singgah walaupun hanya untuk sekedar istirahat," kata Camat Wanayasa, Jaya Pranolo.

Jaya menambahkan, setiap hari juga Situ Wanayasa tak pernah sepi pengunjung, apalagi jika hari libur lokasi itu kerap dipadati wisatawan. "Situ ini memang destinasi wisata andalan dan menjadi kebanggaan masyarakat Kecamatan Wanayasa," ucap dia.

Selain itu, mantan Camat Sukasari itu berkomitmen akan terus berupaya melakukan penataan kawasan ruang terbuka hujau (RTH) yang ada, menjadikan sebuah lokasi yang mempunyai daya tarik bagi wisatawan.

"Tidak saja difokuskan pada fungsi konservasi semata. Melainkan, juga didorong terhadap nilai-nilai rekreasi,"pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar