Yamaha NMax

10 Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

  Jumat, 19 Juli 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi telur puyuh.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Puyuh adalah seekor burung berukuran sedang yang ditemukan di Eropa, Afrika Utara, Amerika Serikat bagian selatan dan beberapa daerah bagian Asia. 

Telur puyuh berwarna putih atau cokelat dengan bintik-bintik cokelat gelap dan ukurannya lebih kecil dari rata-rata telur ayam. 

Meskipun telur puyuh umumnya dianggap sehat, mereka memiliki rasio kuning-putih yang lebih tinggi daripada telur normal. Karenanya, telur puyuh memiliki kolesterol lebih tinggi. 

Telur puyuh banyak dikonsumsi di sebagian besar masakan Asia, dan dalam masakan Jepang. Di Jepang telur puyuh biasanya dimakan 3-5 butir pada satu waktu, karena ukurannya yang lebih kecil. 

Telur yang terlihat "imut" ini menghasilkan hiasan yang tepat. Telur ini memiliki permintaan tinggi dalam banyak persiapan kuliner, karena kuningnya kaya dan beraroma. Telur puyuh sangat kaya dengan nutrisi sehat dan bisa menjadi pengganti yang tepat bagi orang yang alergi terhadap telur ayam.

Manfaat kesehatan dari telur puyuh 
1. Mencegah penyakit kronis: Telur puyuh memiliki kadar vitamin A dan vitamin C yang signifikan, yang dapat mencegah timbulnya banyak penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

2. Meningkatkan metabolisme: Vitamin B yang ditemukan dalam telur ini dapat meningkatkan aktivitas metabolisme di seluruh tubuh, dengan meningkatkan fungsi hormon dan enzimatik. 

3. Tingkatkan kekebalan: Telur puyuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Telur puyuh dapat membersihkan darah dari racun dan logam berat, meningkatkan kemurnian darah, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan aktivitas otak. 

4. Tingkatkan kadar hemoglobin dalam darah: Kandungan zat besi yang tinggi dalam telur puyuh dapat membantu penderita anemia dalam jumlah besar. Memakannya secara teratur meningkatkan kadar hemoglobin. 

5. Meningkatkan penglihatan: Vitamin A hadir dalam telur puyuh melindungi penglihatan, membantu mengurangi degenerasi makula dan mencegah perkembangan katarak. 

6. Kelola tekanan darah: Telur puyuh mengandung tinggi potasium. Mineral ini membantu meredakan ketegangan pada arteri dan pembuluh darah, karenanya, menjaga tekanan darah tetap terkendali. 

7. Meningkatkan kesehatan jantung: HDL (high-density lipoprotein) membentuk lebih dari 60% lemak dalam telur puyuh. Asam lemak bermanfaat ini membantu meningkatkan kesehatan jantung. Namun demikian, bagi orang yang memiliki penyakit kolesterol, maka jangan terlalu banyak makan telur puyuh.

8. Menenangkan batuk dan asma: Sifat antioksidan dalam telur puyuh dapat meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan. Telur ini sangat tinggi vitamin A dan selenium. Oleh karena itu, dapat bekerja secara ajaib dalam mengobati masalah pernapasan seperti batuk, asma dan TBC.  

9. Memperlambat penuaan: Mengkonsumsi telur-telur ini secara teratur membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan akhirnya memperlambat penuaan organ. Antioksidan, asam lemak vital, selenium, dan vitamin yang terdapat dalam telur puyuh menjadikannya agen anti-penuaan yang sempurna. Ini dapat diterapkan langsung ke kulit untuk kelembutan dan kelembaban. 

10. Menjaga sistem saraf yang sehat: Telur puyuh telah terbukti efektif dalam memerangi masalah stres, migrain, hipertensi, depresi, serangan panik dan penyakit kecemasan. (Nadiah Hamdan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar