Yamaha NMax

Kisah Tukang Pijat Naik Haji Asal Cirebon

  Jumat, 19 Juli 2019   Erika Lia
Pemijat keliling, Atun Jaratun (55), warga Dukuhsemar, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, menjadi salah satu calhaj yang akan berangkat ke tanah suci pada 28 Juli 2019. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Niat beribadah kepada Allah Swt mengantarkan seorang tukang pijat keliling dari Kota Cirebon diagendakan mengunjungi rumah-Nya tahun ini. Menabung sejak 2005, Atun Jaratun (55), warga Dukuhsemar, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, direncanakan berangkat ke tanah suci pada 28 Juli 2019.

Diceritakan bahwa Atun yang telah melakoni pekerjaannya sejak 1978 itu melayani segala jenis keluhan, mulai dari kelelahan, keseleo, hingga lulur. Tak hanya orang dewasa, Atun pun melayani pula pijat anak.

AYO BACA : Calhaj Indramayu Meninggal Beberapa Jam Sebelum Keberangkatan

"Alhamdulillah, hasil memijat bisa untuk berangkat haji," tuturnya kepada ayocirebon.com, Jumat (19/7/2019).

Atun mengaku sudah siap lahir batin menjalankan ibadah haji di Mekah. Untuk hajinya, dia pun telah menyiapkan baik-baik rencana keberangkatannya, mulai dari makanan, pakaian, obat-obatan, dan berbagai keperluan lain.

AYO BACA : Didaftarkan Haji Sejak SD, Nurul Yaqin Jadi Calhaj Termuda di Kota Cirebon

Dia bercerita bahwa keahlian memijat sendiri dia peroleh dari sang nenek. Dalam sehari, dia bisa memijat sampai delapan orang dewasa. Biasanya, setelah memijat, Atun akan berjualan jajanan pasar khas Cirebon dengan cara berkeliling menggunakan sepedanya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon, Moch Mulyadi mengatakan, Kota Cirebon masuk dalam kloter 74. Untuk satu kloter terdiri dari 410 jemaah.

"Untuk Kota Cirebon saja ada 331 jemaah haji, nanti dapat tambahan 70 calon jamaah haji dari Bekasi dan dua orang dari Kabupaten Cirebon," katanya seraya meyakinkan proses keberangkatan haji sejauh ini tanpa kendala berarti.

AYO BACA : 1.833 Calhaj Indramayu Siap Berangkat, Berikut Jadwalnya

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar