Yamaha

Gangguan Tiroid Bisa Diderita Anak Sejak dalam Kandungan

  Jumat, 19 Juli 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi. (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menurut hasil riset IMS Health pada 2015, Indonesia merupakan negara dengan gangguan tiroid tertinggi di Asia Tenggara. Hingga 2014, terdapat 17 juta masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak, yang mengalami gangguan tiroid.

Menurut ahli endokrin anak, dr. Andi Nanis Scharina, spA (K), gangguan tiroid pada anak dapat terjadi sejak janin dalam kandungan atau baru muncul seiring pertambahan usia. Penyebabnya pun berbagai macam. 

AYO BACA : Wanita Ternyata Lebih Rentan Terkena Penyakit Tiroid

"Penyebab gangguan tiroid pada anak, bisa karena faktor genetik, keturunan, lingkungan, paparan radiasi, infeksi tertentu, atau ibunya kekurangan hormon tiroid akhirnya anaknya terkena hipotiroid," ujarnya beberapa waktu lalu. 

Menurut dia, gangguan tiroid pada anak memiliki efek terhadap fungsi penting perkembangan dan pertumbuhan otak pada masa emas pertumbuhannya. "Hipotiroid kongenital efeknya besar (terhadap anak) karena menyangkut intelengensi," jelasnya. 

AYO BACA : Ini Bahaya Gangguan Tiroid

Lebih lanjut dr. Nanis mengatakan bahwa hipotiroid kongenital umumnya tidak memberikan gejala apapun saat bayi lahir. "Hipotiroid tidak ada gejala pada saat lahir. Pada umumnya lahirnya sehat-sehat saja karena ibunya masih mensuplai (hormon tiroid)," jelasnya. 

Namun, gejala gangguan tiroid akan muncul secara perlahan seiring pertumbuhan bayi. "Munculnya pelan-pelan ketika hormonnya tidak ada, didiaganosa lebih dari 1 tahun, daya tangkapnya hanya 5-10 persen. Gejala yang bisa diperhatikan, misalnya lidahnya menjulur keluar, kalau tidur ngorok, kelihatannya sembab, udelnya bodong, kulitnya kering, anaknya lemas, dan BAB (buang air besar) jarang," paparnya. 

Meskipun begitu, gangguan tiroid pada anak dapat dicegah asalkan ditangani lebih cepat oleh ahli. 

"Retardasi mental akibat hipotiroid kongenital bisa dicegah jika hipotiroid kongenital terdiagnosa sangat dini dan pengonatan dimulai sejak dini. Oleh karena itu, tindakan pemeriksaan tiroid pada ibu hamil serta skrining hipotiroid kongenital (SHK) pada bayi baru lahir dapat menjadi tindakan preventif terhadap gangguan tiroid," ungkapnya. 

AYO BACA : 7 Tanda Tiroid Anda Bermasalah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar