Yamaha Aerox

Studio KyoAni Jepang Terbakar, Puluhan Orang Tewas

  Kamis, 18 Juli 2019   Adi Ginanjar Maulana
Kebakaran di Studio Kyoto Animation (KyoAni). (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Puluhan orang tewas dalam kebakaran di Studio Kyoto Animation (KyoAni) akibat diduga diserang orang tidak dikenal sekitar pukul 10.30, Kamis (18/7/2019), waktu setempat.

Dilansir Independent.co.uk, seorang pria berumur 40 tahun dilaporkan masuk ke studio animasi Jepang dengan 70 pekerja di dalamnya dan berteriak "kamu mati!", sebelum menyalakan api, menurut pejabat setempat.

Polisi dan petugas pemadam kebakaran mengatakan kebakaran terjadi di studio KyotoAnimation Company tiga lantai setelah seorang pria menyemprotkan cairan tak dikenal di sekitar gedung.

Tiga puluh tiga orang kini dipastikan tewas. Ini diyakini sebagai pembunuhan massal terburuk di Jepang sejak serangan pembakaran yang diduga di sebuah gedung Tokyo pada tahun 2001 yang menewaskan 44 orang.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan api itu terlalu mengerikan untuk kata-kata.

Penggalangan dana online yang diluncurkan oleh Sentai Filmworks, yang mendistribusikan produksi KyoAni di seluruh dunia, telah menghasilkan lebih dari £ 190.000 untuk perusahaan anime.

Cuplikan di televisi nasional NHK Jepang menunjukkan asap abu-abu mengepul dari gedung hangus.

Warga di daerah itu melaporkan mendengar apa yang terdengar seperti ledakan sebelum mereka melihat asap, menurut penyiar.

Seorang wanita berusia 59 tahun yang tinggal di dekatnya mengatakan kepada kantor berita Jepang Kyodo: "Seseorang dengan rambut panjang berbaring dan ada jejak kaki berdarah."

Petugas penyelamat mendirikan tenda di luar gedung studio untuk merawat mereka yang terluka.

Pejabat pemadam kebakaran mengatakan lebih dari 70 orang berada di gedung pada saat serangan pembakaran, tetapi kebanyakan dari mereka berlari keluar.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar