Yamaha

Dirjen Imigrasi: Negara Tak Melarang Habib Rizieq Pulang

  Kamis, 18 Juli 2019   Husnul Khatimah
Direktur Jenderal Keimigrasian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Ronny Sompie (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Direktur Jenderal Keimigrasian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Ronny Sompie mengatakan, negara tidak melarang kepulangan Habib Rizieq Shihab.

Menurut Ronny, berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian negara disebutkan bahwa negara tidak bisa menolak kepulangan warganya yang memiliki paspor.

"Tidak ada warga negara Indonesia yang masih sah warga negaranya itu ditolak untuk kembali ke negaranya, itu sudah prinsip internasional," ujarnya usai peletakan batu pertama gedung Imigrasi Bogor, Kamis (18/7/2019).

Saat ini, sambung Ronny, paspor yang dimiliki oleh Habib Rizieq masih berlaku namun dia tidak bisa memastikan sampai kapan paspor itu habis masa berlakunya.

"Saya belum cek, nanti di cek dulu, tapi yang pasti semua paspor yang terdaftar pasti bisa dicek melalui sistem, masa berlakunya sampai kapan," ungkap Ronny.

Namun, mengenai masa berlaku itu, Ronny menyebut paspor bisa digunakan seumur hidup. Hanya saja paspor itu mesti diperpanjang setiap lima tahun sekali di Indonesia.

"Kalau memang sudah habis masa berlakunya pasti kita tarik kalau dia tidak memperpanjang. Saat ini paspornya masih berlaku," tukasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar