Yamaha

Startup Bandung Lirik Pendanaan Venture Capital

  Kamis, 18 Juli 2019   Nur Khansa Ranawati
Bandung Startup Pitching Day 2019. (Dok. Istimewa)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 25 startup asal Bandung melakukan persentasi di hadapan 16 venture capital dalam dan luar negeri pada event Bandung Startup Pitching Day 2019. Acara ini diselenggarakan Thegreaterhub Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) pada Rabu (17/7/2019).

Thegreaterhub SBM ITB merupakan ajang yang mempertemukan startup potensial dengan para pemodal ventura. Kegiatan yang memasuki tahun kedua ini bertujuan untuk memberikan peluang pitching bagi startup tahap awal serta memfasilitasi pertemuan startup yang berdomisili di Bandung yang belum pernah berjumpa dengan investor.

AYO BACA : Kominfo Buka Pendaftaran Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Ke-25 usaha rintisan yang melakukan presentasi tersebut merupakan startup pilihan hasil seleksi dari total 135 startup di Bandung dan sekitarnya yang mendaftakan diri dalam Startup Pitching Day 2019. Seluruh startup yang lolos seleksi ini bergerak di berbagai bidang, antara lain bidang fintech, edtech, legal, Internet of Things (IoT), biotech, travel, dan media daring.

Tak hanya sebagai ajang mempertemukan startup dengan investor, kegiatan ini juga dirancang sebagai platform networking dan pembelajaran untuk para pemuda serta pelaku yang terlibat dalam dunia startup dan wirausaha baru.

AYO BACA : JK Minta Anak Muda Sukses Tak Dipaksa Jadi Menteri

"Latar belakang kegiatan tahunan ini didasari dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan ekosistem startup di Bandung, lalu bertambahnya jumlah startup di Bandung dan sekitarnya yang memerlukan pendanaan namun akses terbatas, serta sebagai ajang eksposure terkait potensi startup di Bandung serta kota-kota kecil di sekitarnya," kata Direktur Thegreaterhub SBM ITB Dina Dellyana.

Thegreaterhub SBM ITB sebagai salah satu inkubator juga berkolaborasi dengan beberapa inkubator lain seperti komunitas Startup Bandung yang sudah memiliki anggota lebih dari 100 startup; Startup Grind Bandung sebagai komunitas startup global di bawah program #GoogleForEntrepreneur yang sudah memiliki cabang di lebih 250 kota di 100 negara; serta Geek Hunter sebagai startup perekrutan kerja khusus IT terkemuka asal Bandung.

Adapun 25 startup itu adalah HaloFina, Fammi, Marlin Booking, Eduka System, Luar Sekolah, Kliktrip, Listriku.id, Reflex, Micepedia, SimpliDOTS, Lingkaran, Pinisi - Edubox, Hear Me, Launcher.id, Siap Belajar, Proyekin.com, Zafato, Chatbiz.id, Duniatambang.co.id, Cause Virtual Run, Sportigo, Waroong, Mandala - Netrada, Ceklab, dan eLarvae.

Sementara Investor yang berasal dari 16 Venture Capital (VC) dalam dan luar negeri yang akan hadir dalam acara ini yaitu Alpha JWC Ventures, Alpha Momentum, ANGIN, DNC (Discoverry Nusantara Capital), East Ventures, Everhaus, Ficus, MDI Ventures, Openspace Ventures, Prasetia Ventura, Salim Group, Venturra Discovery, Wavemaker, Finch Capital, UMG Idealab, dan Coffee Ventures.

AYO BACA : 10 Besar Startup Digital Indonesia, Bukalapak Ranking Pertama

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar