Yamaha Mio S

Jajanan Thailand, Puding Berbentuk Tinja

  Kamis, 18 Juli 2019   Andres Fatubun
Puding berbentuk tinja yang dibuat oleh Wilaiwan Mee-Nguen. (AFP)

BANGKOK, AYOBANDUNG.COM -- Thailand merupakan salah satu negara tujuan wisata yang mengunggulkan jajanan pinggir jalannya atau street food.

Misalnya di Victory Monument, Chinatown atau Yaowarat, Sriyan Market, hingga Bangkrak. Jajanan yang dijual pun ragam variasi, rasa, dan bentuknya. 

Salah satu jajanan teranyar yang viral adalah puding berbentuk tinja yang dibuat oleh Wilaiwan Mee-Nguen.  

"Ini aneh, tidak ada seorang pun yang membuat kue berbentuk kotoran sebelumnya. Tapi orang-orang menyukainya," jelas Wilaiwan Mee-Nguen kepada AFP di dapur kecilnya di Bangkok. Puding berbentuk tinjanya itu terbuat dari minyak kelapa, gelatin, dan pewarna makanan. 

Pengusaha kuliner sekliagus pekerja kantoran berusia 30 tahun ini kerap menghabiskan akhir pekan di dapur kecilnya untuk menciptakan camilan anyar. Ia mencoba membuat beberapa kue dalam beberapa bentuk sebelum menemukan bentuk menarik tersebut.

Awalnya, salah satu pelanggan meminta bentuk puding yang tak biasa dan Wilaiwan memutuskan untuk memenuhi permintaan pelanggan tersebut.

"Kebanyakan orang Thailand melihat puding berbentuk bunga, jadi ini terlihat aneh bagi mereka" katanya.

"Dog poop" menjadi jajanan populer di Thailand sekarang, dengan jumlah pesanan sekitar 1000 puding selama satu bulan. Harga jajanan ini sangat terjangkau dibawah satu dolar US atau sekitar Rp10.000-an per porsi.

Wilaiwan mengharapkan bentuk yang tak biasa ini akan semakin populer di TV. Harapannya berbuah, karena sekarang banyak pelanggan berbaris di luar rumah untuk membeli pudingnya sambil mengobrol. 

"Tapi tidak semua orang menyukainya. Ketika saya mengunggahnya foto makanan penutup ini di Facebook agar pelanggan melihat, ternyata ada orang yang suka dan tidak suka," ujar Waiwan. (Sofa Marwati)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar