Yamaha Lexi

Drone Makin Marak Digunakan Masyarakat, Pemerintah Rancang Regulasi

  Rabu, 17 Juli 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi drone. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah tengah merancang regulasi penggunaan pesawat tanpa awak atau drone. Hal ini dilakukan sejalan dengan maraknya penggunaan drone, apalagi harganya semakin terjangkau dan dipakai di berbegai sektor seperti pertanian dan pertambangan.

"Pertumbuhan penjualan drone di Indonesia semakin hari semakin meningkat seiring dengan banyaknya promosi drone-drone murah dan mudah didapat. Mulai dari harga Rp100.000 hingga puluhan juta rupiah bisa didapatkan di toko-toko online lokal. Mulai dari drone mainan, drone racing, hingga drone profesional yang digunakan untuk profesi," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan Sugihardjo dalam Focus Group Discussion yang bertajuk 'Sinergitas Pengaturan Pengoperasian dan Pemantauan Drone di Indonesia' di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

AYO BACA : Tips Bermain Drone bagi Pemula

Beberapa kejadian membahayakan terkait pengoperasian drone yang tidak tepat masih menjadi kendala hingga kini. Misalnya, pengoperasian drone secara ilegal di Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

Pemerintah telah menerbitkan beberapa regulasi untuk mengatur penggunaan drone di ruang udara Indonesia. Aturan itu antara lain Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 180 Tahun 2015 tentang pengendalian pengoperasian sistem pesawat udara tanpa awak di ruang udara yang dilayani Indonesia dan CASR part 107 small unmanned aircraft system atau sistem pesawat tanpa awak.

AYO BACA : Gara-gara Main Drone, Warga Negara Prancis Ditangkap Polisi Myanmar

Namun, kata Sugihardjo, peraturan terbaru serta edukasi mengenai kesadaran keselamatan bagi masyarakat luas diperlukan. Oleh karena itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Kemennhub membahas untuk rancangan peraturan dengan harapan dapat memberi ruang dalam pemanfaatan teknologi baru khususnya drone dengan tetap menjamin keselamatan penerbangan.

Pemerintah wajib mengantisipasi perkembangan pemanfaatan teknologi drone di Indonesia dengan menyusun regulasi seperti sertifikasi pilot drone, registrasi, dan sertifikasi drone, ketentuan pengoperasian dan pengawasan drone, pengaturan dan pengawasan ruang udara dalam pengoperasian drone dan perizinan pemanfaatan drone untuk angkutan udara.

Selain itu, diperlukan pula penyiapan prasarana pendukung pengoperasian drone di bandara, pengawasan keamanan penerbangan dalam pemanfaatan drone, serta ketentuan asuransi dalam pengoperasian drone.

AYO BACA : Dalam Hitungan Bulan, ‘Drone’ Baru Amazon Akan Mulai Kirim Paket

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar