Yamaha

Telur Putih vs Telur Cokelat, Mana yang Lebih Sehat?

  Rabu, 17 Juli 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi telur cokelat. (Muhammad Amaludin/ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Telur kaya akan vitamin esensial, mineral, dan makronutrien (protein), sehingga telur dianggap sebagai makanan lengkap. Telur merupakan salah satu makanan sarapan paling sehat yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Banyak ahli kesehatan merekomendasikan agar kita mengonsumsi telur setiap hari untuk menjaga berat badan dan kesehatan.

Berbicara tentang telur, ada dua jenis telur yang tersedia secara umum, yakni telur berwarna putih dan telur berwarna cokelat. Dengan adanya dua jenis ini, muncul perdebatan tentang mana yang lebih sehat.

Dilansir di Times of India, secara umum telur cokelat lebih baik untuk kesehatan dibandingkan dengan telur putih. Persepsi ini terbentuk karena telur cokelat dijual dengan harga lebih tinggi. Tetapi apakah harga yang lebih tinggi membenarkan nilai gizi telur-telur ini?

AYO BACA : Apa yang Terjadi Jika Terlalu Lama Memasak Telur?

Keyakinan bahwa telur cokelat lebih sehat karena harganya yang mahal tentu saja tidak benar. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui perbedaan nutrisi antara telur putih dan cokelat. Namun sejauh ini, tidak ada perbedaan besar yang ditemukan antara keduanya.

Rasa

Tidak ada perbedaan rasa yang signifikan antara telur putih dan telur cokelat.

AYO BACA : Peneliti Kembangkan Teknologi Cek Kesegaran Telur via Smartphone

Nutrisi

Dalam hal nutrisi seperti kolesterol, protein, dan kalori, kedua telur memiliki kandungan yang sama, meskipun telur cokelat lebih kaya omega 3. 100 gram porsi telur memiliki sekitar 13 gram protein yang sama pada telur putih dan cokelat.

Harga

Telur cokelat sedikit lebih mahal daripada telur putih. Tetapi sekali lagi, ini tidak ada hubungannya dengan komposisi nutrisi. Orang-orang percaya bahwa telur cokelat lebih organik dan karenanya mengandung nutrisi lebih banyak. Namun hal ini sangat subjektif dan tergantung dari mana Anda mendapatkan telur tersebut.

Telur yang lebih sehat tergantung pada kualitas dan pola makan ayam. Kualitas kedua jenis telur dapat bervariasi. Jadi, telur mana pun yang Anda pilih, sama-sama memiliki rasa, nutrisi, harga yang tidak jauh beda dan sehat untuk dikonsumsi. Mengonsumsi telur putih atau cokelat ternyata tidak memberi pengaruh yang berbeda bagi tubuh Anda. (Nadiah Hamdan)

AYO BACA : 3 Resep Mudah Manfaatkan Cangkang Telur untuk Perawatan Kulit

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar