Yamaha

Tips Rawat Kaki Bengkak Saat Hamil

  Selasa, 16 Juli 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi. (PIXABAY/Philip Walker)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Saat hamil, tubuh 50% lebih banyak memproduksi cairan dan darah yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki, tangan, dan wajah. Kebanyakan wanita mengalami hal ini saat menginjak usia kehamilan 5 bulan sampai melahirkan. 

Ada beberapa cara merawat kaki bengkak saat hamil. Namun simak sebabnya terlebih dahulu, seperti dirangkum dari boldsky.com, Selasa (16/7/2019).

Penyebab utama pembengkakan pada kaki adalah retensi cairan. Selain itu kapiler kaki semakin membesar karena tekanan tambahan dari bayi yang dikandung. Jika kaki terus membengkak, mungkin ada penyebab lain seperti :

  • Berdiri terlalu lama, sehingga menyebabkan darah mengalir ke kaki dan menyebabkan pembengkakan
  • Aktivitas berlebih saat hamil
  • Terlalu banyak aktivitas maka akan sering berjalan dan meningkatkan berat pada kaki
  • Mengonsumsi natrium dan kafein yang tinggi. Kadar garam dan kafein yang tinggi pada menu makanan akan memelihara cairan dalam tubuh dan mengakibatkan pembengkakan.
  • Asupan kalium rendah. Kalium diketahui dapat mempersempit pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan
  • Dehidrasi berjam-jam. Tidak hanya saat hamil, dehidrasi yang dialami orang tidak hamil juga akan membuat lebih banyak cairan yang menetap dalam tubuh

Berikut perawatan yang dapat dilakukan di rumah untuk kaki bengkak saat hamil:

AYO BACA : Begini Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Obat Sembarangan

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga sangat dianjurkan saat hamil. Tapi jangan olahraga terlalu berat karena akan berpengaruh buruk pada kehamilan. Olahraga ringan akan membantu sirkulasi darah dan cairan, kemudian akan mengurangi kemungkinan kaki bengkak.

2. Makan makanan tinggi kalium

Makan makanan tinggi kalium akan mengatur kadar air dan garam sehingga mengurangi kemungkinan kaki bengkak saat hamil. Sumber kalium ada pada pisang, bayam, ara, dan alpukat. 

AYO BACA : Kapan Ibu Hamil Mendeteksi Kelainan Bibir Sumbing pada Bayi?

3. Pijat kaki

Pijatan kaki yang rileks membantu usir stres saat hamil. Pijat dapat mengurangi pembengkakan pada kaki, selain itu pijatan juga meningkatkan sirkulasi darah dan mengobati pegal dan nyeri otot. 

4. Angkat kaki 

Angkat dan tinggikan kaki selama 20 menit dalam 2-3 kali sehari akan membantu mengalirkan darah dari kaki dan mengurangi pembengkakan. 

5. Makan jeruk dan semangka

Jeruk dan semangka adalah buah yang kaya akan cairan dan vitamin C yang membantu menyeimbangkan elektrolit dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.
Pembengkakan adalah bagian normal dari kehamilan dan tidak perlu ditakutkan. Tapi tetap harus konsultasi ke dokter jika tiba-tiba mengalami pembengkakan yang tidak biasa pada tangan dan wajah. (Sofa Marwati)

AYO BACA : Bercinta saat Menstruasi Bisa Bikin Hamil?

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar