Yamaha Mio S

Cirebon Dilanda Angin Kumbang Selama Tiga Hari

  Selasa, 16 Juli 2019   Erika Lia
ilustrasi. (Pixabay)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Angin kencang atau akrab disebut Angin Kumbang berpotensi melanda wilayah Cirebon selama tiga hari ke depan per Selasa (16/7/2019).

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn membeberkan, pada 16-18 Juli 2018 di Wilayah Cirebon yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan, terjadi peningkatan kecepatan angin.

AYO BACA : BMKG Ingatkan Waspadai Kekeringan Ekstrim di Cirebon Juli Ini

"Ini disebabkan perbedaan tekanan udara yang cukup signfikan di wilayah utara dan selatan ekuator," katanya kepada Ayocirebon.com, Selasa (16/7/2019).

Dia menjelaskan, posisi matahari yang berada di utara ekuator mendukung terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah tersebut yang mencapai 998 hPa. Sementara, di wilayah selatan mulai terbentuk pusat tekanan tinggi (1033 hPa).

AYO BACA : Di Cirebon, Dari Kapal Pesiar Mereka Menaiki Becak

Perbedaan tekanan yang cukup signifikan itu, lanjutnya, berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di wilayah selatan ekuator. Mengingat Wilayah Cirebon berada di selatan dekat dengan pusat tekanan tinggi di daratan Aurstalia, dan didukung faktor lokal adanya Gunung Ciremai, terjadilah peningkatan kecepatan angin di wilayah ini.

"Berdasarkan hasil pengamatan hari ini dari BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, arah kecepatan angin umumnya dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 48 km/jam," tuturnya.

Dia menyebutkan, kondisi peningkatan kecepatan angin di Wilayah Cirebon diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 56 km/jam dan masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan. Karena itu, masyarakat diimbau lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti pohon tumbang serta peningkatan tinggi gelombang mencapai lebih dari 1,5 meter di Perairan Utara Cirebon dan Indramayu.

"Informasi tentang cuaca Wilayah Cirebon silakan menghubungi BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Majalengka, di nomor telpon (0233) 881013," tandasnya.

AYO BACA : Kemarau Ancam Budidaya Udang dan Ikan Bandeng di Indramayu

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar