Yamaha Mio S

Anggota Polisi Majalengka Dicukur, Kenapa?

  Selasa, 16 Juli 2019   Erika Lia
Kapolres Majalengka AKBP Mariyono mencukur rambut dan kumis sejumlah anggota yang penampilannya tak sesuai standar kepolisian, Selasa (16/7/2019). (Istimewa)

MAJALENGKA, AYOBANDUNG.COM -- Tuntutan tampilan fisik sempurna rupanya tak hanya dianut kalangan selebriti. Polisi pun punya standar performa.

Kerapian menjadi salah satu standar penting polisi, dari kepala sampai kaki. Rambut misalnya, tak boleh gondrong. Secara umum, wajah pun harus bersih dari kumis dan jenggot, kecuali polisi yang bertugas pada Satuan Intel.

Maka, ketika ditemukan anggota polisi yang penampilannya dinilai tak sesuai standar, konsekuensinya harus dirapikan. Situasi itu salah satunya dialami anggota Polres Majalengka, Selasa (16/7/2019).

AYO BACA : Suhu Udara Minimum Diprediksi Landa Cirebon Hingga September

Dalam apel pagi di halaman Mapolres Majalengka, Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono didampingi Kepala Seksi Propam Polres Majalengka, Iptu Umang Sumarsa dan PJU Polres Majalengka, berkeliling di antara barisan para personilnya untuk mengecek kerapian anggotanya. Teguran dilayangkan Mariyono kepada anggota yang dinilai kurang rapi dan tak sesuai ketentuan.

Penilaian kerapian itu diklaim sebagai upaya peningkatan kedisiplinan anggota Polres Majalengka. Pengecekan dipusatkan pada sikap tampang dan penggunaan lambang Polri yang diatur menurut ketentuan.

Hasilnya, penampilan lima anggota dari satuan berbeda harus dirapikan. Rambut serta jenggot dan kumis kelimanya harus dipotong.

AYO BACA : Waspadai Modus Penipuan Kerja, 19 Anak di Indramayu Jadi Korban Perdagangan Manusia

"Disiplin wajib dilaksanakan seluruh personil Polri. Para perwira sebagai pimpinan juga diharapkan dapat menampilkan contoh yang baik bagi para anggotanya," katanya.

Dia mengingatkan, menjaga kedisiplinan dan penampilan merupakan salah satu pelayanan prima kepada masyarakat. Polri harus memiliki jiwa Bhayangkara sejati dan menjadi teladan yang baik dan senantiasa melayani masyarakat.

Karenanya, dia pun mengingatkan anggota soal kerapian potongan rambut yang sesuai prosedur, sesuai ketentuan instansi Kepolisian.

"Untuk potongan rambut agar sesuai peraturan yang berlaku, tak ada yang macam-macam karena penampilan sebagai wajah institusi. Terutama untuk polisi yang berseragam," tuturnya.

AYO BACA : Ulat Impor Jadi Ancaman Pertanian Jagung Indonesia

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar