Yamaha NMax

Terminal Baranangsiang Bogor Dipilih Jadi Stasiun Akhir LRT

  Senin, 15 Juli 2019   Husnul Khatimah
Peninjauan Lokasi pembangunan LRT oleh Wakil Wali Kota Bogor dan BPTJ di Kampung Sawah, Senin (15/7/2019). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Terminal Baranangsiang Kota Bogor akhirnya dipilih menjadi stasiun pemberhentian akhir Light Transit Rail (LRT). Hal ini disepakati usai Badan Pengelola Transportasi Jabodebek (BPTJ) bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachman meninjau pembangunan LRT di Bogor.

"Iya tadi kita sepakati di Baranangsiang," ujar Kepala BPTJ Jabodetabek Bambang Prihantoro usai peninjauan kepada Ayobogor.com, Senin (15/7/2019).

Awalnya selain Baranangsiang, Tanah Baru juga sempat direncanakan menjadi stasiun akhir namun akhirnya disepakati di Terminal Baranangsiang agar transportasi lanjutan bagi penumpang lebih mudah.

"LRT, pembangunannya menurut time line kita harus sudah selesai tahun 2020-2021, harus segera operasi," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, selain Baranangsiang, pemerintah pusat juga berencana membangun depo dan TOD di Kota Bogor. Depo direncanakan dibangun di kawasan Selaawi, sementara di Kampung Sawah akan dibangun TOD dan kawasan parkir kendaraan.

"Jadi membagi beban juga kalau memang disini (Kampung Sawah) alhamdulillah. Jadi transit dulu, nantinya ada Park And Ride di sini sebelum stasiun akhirnya di terminal Baranangsiang," kata Dedie.

Dia menambahkan dengan masuknya LRT ke Bogor itu pemerintah juga akan mengupayakan untuk membangun trem away melintasi Kebun Raya Bogor sebagai transit transportasi.

"Trem hibah dari Pemerintah Belanda. Jadi ini harus nyambung LRT kemana, trem kemana nah ini harus segara direncanakan. Kalau memang secara teknis, feasability teknisnya lancar tahun depan itu mungkin sudah di kirim tahun depan dari Belanda," tukasnya.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar