Yamaha Mio S

Purwakarta Siapkan Sanksi ASN Pemakai Gas Melon

  Senin, 15 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika akan memberikan sanksi tegas kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Purwakarta jika masih menggunakan gas elpiji bersubsidi.

Menurutnya, berdasarkan Pasal 20 ayat (2) Peraturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No 26 Tahun 2009 terkait sasaran pengguna gas subsidi maksimal berpendapatan sebesar Rp1,5 juta. Sementara para ASN di lingkungan pemerintahannya berpenghasilan lebih dari itu. Ia meminta tak ada lagi ASN yang memakai gas bersubsidi yakni gas 3 kilogram alias gas melon.

AYO BACA : Gas Melon Tak Tepat Sasaran, ASN Purwakarta Diingatkan Beralih

"Akan kita potong tunjangannya jika ASN masih menggunakan gas elpiji bersubsidi," tegas Anne ditemui usai Deklarasi Kabupaten Purwakarta Memakai Gas Elpiji Non Subsidi di Bale Yudistira Lingkungan Pemkab Purwakarta, Senin (15/7/2019).

Anne mengaku akan memaksimalkan pengawasan terhadap  penggunaan gas elpiji tepat sasaran. Mengajak peran aktif masyarakat serta pangkalan gas untuk melaporkan kepada pemerintah jika diketahui ASN menggunakan gas elpiji bersubsidi.

AYO BACA : April 2019 Kota Bekasi Mendapat Jaringan Gas Bumi

"Ada laporan dan ada bukti silahkan laporkan ke kami. Nanti saya akan menindak melalui BKPSDM, selain itu di kroscek harus berkeliling dari dinas maupun dari pertaminanya atau di bawah organisasinya." ujar bupati akrab disapa Ambu itu.

Tidak hanya ASN, Ambu juga akan menindak pangkalan jika terbukti menjual gas subsidi tidak sesuai peruntukan. "Pemilik pangkalan gas elpiji menjual tidak sesuai aturan akan kami cabut perizinannya," tegas Ambu.

Ambu menyebut, sanksi tegas itu diterapkan salah satu komitmen Pemkab Purwakarta dalam penggunaan gas elpiji tepat sasaran. "Kita berkomitmen penggunaan gas elpiji harus tetap sasaran, sehingga kelangkaan gas elpiji tidak kembali terjadi," uja Amnu.

Sementara, salah satu ASN di Lingkungan Pemkab Purwakarta Dede Iskandar mengaku telah menggunakan gas non subsidi sebelum ada sosialisasi ini.

"Saya pribadi sudah pake, dan hasil sosialisasi ini akan saya sosialisasikan kembali kepada masyarakat," singkat Lurah Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta Kota itu.

AYO BACA : Bupati Purwakarta Melarang ASN Menggunakan Gas Bersubsidi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar