Yamaha NMax

Tips Tidur Singkat untuk Kembalikan Energi

  Senin, 15 Juli 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tidur singkat pada siang atau sore hari bisa menjadi salah satu cara untuk mengembalikan energi setelah sibuk bekerja. Hal itu biasanya kita lakukan saat istirahat kerja atau ketika berada di dalam kendaraan umum. 

Namun, terkadang tidur singkat sulit untuk dilakukan, khususnya saat berada di kantor. Padahal, tidur singkat justru membantu kita untuk lebih produktif saat bekerja. Berikut 4 tips mudah melakukan tidur singkat yang efektif, dinukil dari berbagai sumber.

Tentukan Tempat yang Nyaman

AYO BACA : Keuntungan dari Tempat Tidur Besar

Saat mata terasa kantuk dan lelah, kita sebaiknya mencari tempat yang nyaman untuk mengisitirahatkannya. Jika kita sedang berada di kantor, kita dapat memilih tempat yang nyaman untuk tidur, seperti di tempat salat atau di meja kantor, dengan menggunakan bantal leher kecil. 

Untuk yang masih sekolah atau kuliah, kita bisa memanfaatkan perpustakaan saat istirahat untuk tidur sejenak. Perpustakaan adalah salah satu tempat yang tenang di sekolah. 

Pilih Ruangan Gelap

AYO BACA : Penelitian: Masalah Keuangan Bikin Orang Susah Tidur

Ada baiknya kita memilih ruangan gelap untuk melakukan tidur singkat. Suasana gelap biasanya mempercepat rasa lelap. Namun jika sulit menemukan ruangan yang gelap, kita dapat menutupi wajah dengan kain atau jaket kita tertidur. 

Suhu yang Sesuai

Saat akan tidur singkat, pastikan suhu ruangan pas, tidak terlalu dingin atau panas. Kalau sulit, kita dapat menggunakan jaket untuk menutupi tubuh kita dengan demikian kita bisa merasakan suhu yang hangat. 

Dengarkan Lagu 

Mendengarkan lagu merupakan salah satu cara ampuh untuk mengantar kita tidur. Pilih playlist yang sesuai dengan selera kita untuk menemani tidur singkat di sela-sela kesibukan. 

AYO BACA : Benarkah Tidur Dengan Kipas Angin Sebenarnya Buruk bagi Kesehatan?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar