Yamaha

Partai Koalisi Sudah Berikan Daftar Calon Menteri

  Senin, 15 Juli 2019   Andres Fatubun
Presiden dan wakil presiden terpilih Indonesia, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin.

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani membenarkan sejumlah partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Kerja sudah menyodorkan sejumlah nama kepada Jokowi untuk dijadikan Menteri Republik Indonesia.

"Kan kalau Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut 10 (nama), Partai NasDem 11 (nama), PPP sembilan (nama). Sembilan nama itu kami sudah serahkan ke Pak Jokowi," ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu kepada awak media saat menghadiri acara "Visi Indonesia" di Sentul International Convention Center (SICC) Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (14/7/2019).

Nama-nama yang disodorkan kepada Jokowi itu tidak beserta bidangnya. Sebab, menurut Arsul, penempatan nama-nama tersebut akan diramu oleh Jokowi menyesuaikan kebutuhan dari Kabinet Indonesia Kerja (KIK) periode 2019-2024.

"Posnya belum disebut. Dipilih berapa itu biar urusannya Pak Jokowi. Kita serahkan ke Pak Jokowi. Mau menambah, PPP juga tidak akan menyatakan keberatan, mau tidak menambah juga tidak keberatan. Artinya menunggu Pak Jokowi," kata Arsul.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menanggapi pertanyaan terkait permintaan jatah menteri dari partai politik koalisinya. Jokowi mengaku tak keberatan terhadap jumlah jatah menteri yang diminta oleh para petinggi partai.

"Ya enggak apa-apa, mau minta 10 mau minta 11 mau minta sembilan kan gak apa-apa, wong minta aja," ujar dia, Jumat (12/7).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyatakan segera mengumumkan jajaran menteri kabinet di pemerintahan periode keduanya. Nama-nama menteri yang akan menjabat pun sudah disiapkannya. "Secepatnya," kata Jokowi. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding memasrahkan pemilihan menteri kabinet Indonesia Kerja jilid II kepada Presiden terpilih Joko Widodo. Ia menghargai apa pun keputusan Jokowi mengenai pemilihan menteri periode 2019-2024.

Karding menilai Jokowi sudah punya pengalaman mumpuni di bidang pemerintahan. Ia mengatakan Jokowi paham sosok seperti apa yang dibutuhkan menjadi menteri demi menunaikan janji-janji kampanye.

"Soal usulan parpol berapa pun usulannya tentu karena itu hak preogatif maka Jokowi sudah tahu orangnya siapa dan ditempatkan dimana. Karena beliau pengalaman lima tahun ini sudah paham mana titik yang perlu dibenahi dan ditekankan," katanya pada Republika.co.id, Jumat (12/7).

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar