Sebentar Lagi KBB Akan Punya KPAI

  Minggu, 14 Juli 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM--Jajaran pimpinan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan dilantik pada Selasa 16 Juli 2019. Pelantikan ini dilakukan setelah terbitnya Surat Keputusan Nomor 188.45/Kep.273 DP2KBP3A/2019 yang ditandatangani oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

Ketua KPAD KBB Dian Dermawan mengatakan, persiapan pelantikan jajaran komisioner KPAD KBB sudah 90 persen. Agenda pelantikan tersebut akan dilaksanakan di Lembang, tepatnya di Augusta Hotel Lembang.

“Alhamdulillah persiapan kami sudah matang. Kami terus melakukan koordinasi dengan Pak Bupati. Dan atas petunjuk Pak Bupati kami harus laksanakan pada tanggal 16 Juli 2019,” ujar dia.

Dian memaparkan, perintisan KPAD KBB ini telah dirintis sejak September 2018 lalu. Dalam perintisan ini, berbagai kalangan dirangkul untuk ikut berkontribusi pada upaya perlindungan hak-hak anak di KBB. Karena itu, kursi komisioner KPAD KBB diisi dari berbagai kalangan maupun profesi. Mulai dari pengusaha, advokat, jurnalis, aktivis perempuan, akademisi, hingga tokoh agama.

“Kami punya visi ingin mewujudkan Kabupaten Bandung Barat AKUR sebagai kabupaten layak anak yang melindungi dan menjamin hak-hak anak,” ujarnya.

Dian berharap, upaya positif melalui KPAD ini mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). “Ini bagian ikhtiar kami untuk mewujudkan cita-cita Pak Bupati, yaitu mewujudkan Bandung Barat Lumpat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPAD KBB, Jelly C Supryadi, SH, M.Hum, menuturkan, anak merupakan generasi penerus bangsa, sehingga sejak dini harus dilindungi hak-haknya. Apalagi, di KBB masih ditemukan kasus-kasus kekerasan terhadap anak dan ini juga yang menjadi latar belakang KPAD KBB dibentuk.

“Di KBB, hak-hak anak masih tidak terlindungi. Kekerasan terhadap anak masih kerap terjadi. Karena itu KPAD KBB dibentuk demi menekan angka kekerasan terhadap anak, dan juga melindungi hak-hak anak yang terampas,” kata Jelly yang berprofesi sebagai advokat ini.

Jelly berharap, komisioner KPAD KBB dapat bekerja maksimal seusai dilantik, untuk mewujudkan Bandung Barat sebagai kabupaten yang layak dan ramah anak. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati, yang telah memberikan legalitas kepada kami, sehingga KPAD berdiri di KBB,” ucap Jelly. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar